Pemerintah Harus Berikan Ruang Bagi Masyarakat Dalam Mengawasi Pemanfaatan Dana PEN

KBRN, Tahuna : Puluhan paket pekerjaan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang dibiayai Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) perlu mendapat pengawasan dari Masyarakat. 

Hal itu dikemukakan Ketua LSM Kadademahe Kabupaten Kepulauan Sangihe Marslem Pulumbara menyikapi pelaksanaan program pembangunan di awal tahun 2022 ini.

Menurut Pulumbara, pengawasan terhadap penyerapan Dana PEN melalui berbagai bentuk kegiatan pembangunan tersebut dipandang perlu sehingga dapat dilaksanakan secara baik dan transparan.

Sebaliknya kepada pemerintah daerah yang merupakan pelaksana anggaran membuka diri terkait pengawasan yang dilakukan semua pihak termasuk masyarakat umum.

Karena dengan demikian, pelaksanaan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional di kabupaten kepulauan sangihe jauh dari hal yang tidak diingkan.

"Kabupaten sangihe telah mendapatkan penggelontoran dana dari pusat yaitu dana pemulihan ekonomi nasional, tentunya penyerapannya dapat dilakukan secara baik dan benar, terencana dan akuntabilitas serta serta transparan. Nah apa yang dilakukan pembelanjaannya betul-betul dapat terkomunikasi dengan baik dengan semua pihak. Kemudian kepada masyarakat ikut mengawasinya, kepada pemerintah dalam hal ini pelaksana anggaran itu sendiri, untuk tetap membuka diri untuk diawasi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,"tutupnya.(AM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar