Bupati Gaghana : Pandemi Covid 19 Pengaruhi Pelayanan Dasar.

KBRN, Tahuna    :    Bupati Jabes Gaghana menyatakan, imbas pandemi covid 19 sangat berpengaruh terhadap pelayanan dasar dibidang Pendidikan, Kesehatan, Air Bersih dan Perumahan.     

Bupati kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE.ME menyatakan, Forum Konsultasi Publik untuk rencana pembangunan daerah 2023-2026 penyesuaian terhadap agenda politik Negara PILKADA 2024.    Disamping itu tegas Bupati yang perlu dan harus dirumuskan di dalam perencanaan Forum Konsultasi Publik adalah agenda yang tertinggal dengan adanya pandemi covid 19 seperti pelayanan dasar dibidang kesehatan, pendidikan, air bersih dan perumahan.

”Yang sangat diharapkan oleh masyarakat kita di sektor kesehatan, sektor pendidikan, air bersih,  perumahan, tahun ini kita tidak akan mendapat dan untuk sektor perumahan karena kebijakan di pusat. “tutur Bupati Jabes Gaghana.    

Bahkan angka APBN ungkap Bupati mengalami penurunan yang sangat signifikan sehingga Pemerintah Pusat punya kebijakan terhadap Pemerintah Daerah dalam mengelolah DAU dan DAK.

“Kita tidak tahu DAU-DAK arahnya kemana tahun depan tapi yang jelas ada kebijakan yang mengarah pada penurunan DAU contohnya MENPAN RB sudah mengumumkan tahun 2023 tidak ada lagi pegawai Honorer. “kata Bupati.    

Pemateri pada Forum Konsultasi Publik DR Noldi Tuera Tim Pamateri Provinsi Sulawesi Utara.  Forum Konsultasi Publik yang berlangsung di Papanuhung Santiago Tampunganglawo jumat 21 Januari 2022 diikuti Pimpinan OPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelaku Adat dan LSM.   (ALX)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar