Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan anak meningkat, Dinas PP dan PA tingkatkan sosialisasi dan edukasi

KBRN Tahuna : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP dan PA) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe perkuat sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat sebagai langkah antisipasi peningkatan kasus kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. 

Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak Dinas PP dan PA Daerah Kepulauan Sangihe Rahel Dalawir, SPd.M.Ap kepada RRI mengakui kecenderungan peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.  Menurut Dalawir peningkatan kasus Kekerasan terhadap perempuan dan anak di masyarakat cenderung dipengaruhi masalah ekonomi serta dilakukan oleh orang terdekat.

“ Ya, memang terjadi peningkatan kasus terhadap perempuan dan anak, cenderung tetap naik dari tahun ke tahun walaupun ada penurunan. “ ungkapnya

Sesuai data Sejak tahun 2019 kasus yang menimpa kaum perempuan sebanyak 82 kasus, tahun 2020, 53 kasus dan tahun 2021, 5 kasus sementara untuk kasus anak sejak tahun 2019, 19 kasus, 8 kasus tahun 2020 dan  13 kasus tahun 2021.  Selaku Dinas teknis yang melakukan pendampingan terhadap kasus perempuan dan anak memastikan penanganannya sampai selesai.

“ Kami selaku Dinas Teknis terhadap kasus yang menimpah perempuan dan anak tetap melakukan pendampingan dan kami pastikan hingga tuntas mendapatkan kekuatan hukum. “ Imbuhnya

Selain itu menyikapi peningkatan kasus, pihaknya melakukan berbagai terobosan program kerja guna menekan Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.  Melalui sosialisasi dan edukasi terus dilaksanakan bekerjasama Pemerintah di tingkat Kelurahan dan Kampung bahkan di Lembaga Pendidikan.  Dalawir berharap dengan kerja sama semua lini kedepan akan menggurangi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar