Kemenkumham Aktifkan Pos Yankomas di Sangihe! Masyarakat Silahkan Lapor Pelanggaran HAM!

KBRN, Tahuna : Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Utara lakukan Evaluasi dan monitoring terkait program Pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS) di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe terpusat di Lapas Klas II B Tahuna Jumat (21/1/21)

Kepala Bidang Hak Asasi Manusia/HAM Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sulawesi Utara Reba Paputungan usai memberikan materi menjelaskan Pos Yankomas telah diaktifkan di Kabupaten/Kota termasuk di Lapas Tahuna, Enemawira dan Tamako. menurutnya POS YANKOMAS adalah Pelayanan Komunikasi Masyarakat tentang permasalahan atau pelanggaran HAM. Dimana masyarakat boleh melaporkan permasalahan apa saja yang menyangkut pelanggaran HAM yang terjadi di daerah. Bahkan petugas lapas bisa mendatangi dan mendata setiap kasus yang dinilai adanya pembiaran. 

" Semua permasalahan apa saja bisa dilayani misalnya permasalahan hukum, pembiaran yang dilakukan pejabat yang berwenang, permasalahan Pertanahan, permasalahan KDRT, pemenuhan hak anak dan masih banyak permasalahan terkait pelanggaran ham yang terjadi dimasyarakat. ketika ada pengaduan nanti diterima dan akan dilakukan telaah, apabila terjadi pelanggaran HAM kami kemudian akan tindaklanjuti dengan pihak yang berkompeten. jadi masyarakat atau siapa saja silahkan datang ke Lapas terdekat untuk melaporkan setiap permasalahan akan kami tindaklanjuti" jelas Reba

Selain menerima materi dari bidang Ham juga akan digelar Deklarasi Janji Kinerja dan Penandatanganan Komitmen Bersama Janji Kinerjanya Tahun 2022 Jajaran Kantor Kementrian Hukum dan Ham Sulawesi Utara se UPT- Kabupaten Kepulauan Sangihe yang rencananya dihadiri PLT Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut Jonny Pesta Simamora, S.I.P., M.Si namun hingga berita ini diturunkan rombongan PLT Kanwil Kemenkumham Sulut masih dalam perjalanan karena terkendala pesawat mengalami delay dalam penerbangan akibat cuaca buruk. 

Selain kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji terhadap 21 CPNS lingkup Lapas Tahuna, Rutan Enemawira dan Tamako serta Imigrasi Tahuna yang sebelumnya tertunda karena Pandemi Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar