Kesigapan Babinsa dan Warga Evakuasi Longsoran Tanah di Tagulandang

KBRN, Tahuna : Intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, menyebabkan tanah longsor yang menutup akses jalan di wilayah Desa Minanga dan Kampung Bawo Kecamatan Tagulandang Utara, saat ini personil Babinsa Koramil 1301-01/Tagulandang Sertu Fanny Mamarasi bersama warga tengah bergotong royong membersihkan material longsoran, Selasa (30/11/2021). 

Hujan yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir di wilayah tersebut, mengakibatkan tebing di pinggir jalan longsor menutup akses jalan penghubung dua desa, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Mendapat laporan dari Heppy Maloringan selaku aparat Kampung Bawo, Babinsa segera menuju lokasi longsoran dan melaksanakan kerja bakti bersama warga setempat. 

"Sebagai Babinsa saya harus selalu sigap dan tanggap menghadapi perubahan cuaca ini, dan sebelumnya saya juga telah menghimbau kepada warga untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama yang menempati rumah di dekat aliran sungai maupun daerah bertebing," ujar Babinsa 

"Dengan menggunakan alat seadanya warga dan perangkat Kampung bergotong royong membersihkan jalan, dan saat ini jalan sudah dapat di lalui kendaraan, meski belum maksimal pembersihannya,"jelasnya.

Heppy Maloringan selaku perangkat Kampung Bawo mengucapkan terimakasih atas kesigapan Babinsa dan warga yang telah mengevakuasi material longsoran dengan cepat, sehingga aktifitas dapat berjalan normal kembali,

"Kondisi cuaca yang sangat ekstrim dengan curah hujan tinggi saat ini dapat menimbulkan potensi bencana, baik itu tanah longsor maupun banjir, terutama di titik rawan bencana. Kami aparat Kampung selalu menjalin komunikasi bersama bapak Babinsa untuk melakukan penanganan maupun pencegahan, yaitu melalui himbauan kepada masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar