Pandangan Fraksi Golkar dan PDI-P Atas Pengambilan Persetujuan Bersama Ranperda APBD TA 2022

KBRN, Tahuna : Pandangan Umum Fraksi Golkar dan PDI- pada Rapat Paripurna DPRD Sangihe dengan agenda Pengambilan Persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (R-APBD) TA 2022, Senin, (29/11/2021).

Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) berharap, agar Ranperda APBD yang telah mendapat persetujuan bersama, segera diajukan kepada Gubernur Sulut untuk dievaluasi. Menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati dan Jajaran Pemerintah Daerah terkait proses pelaksanaan pembahasan R-APBD. Pemerintah daerah dapat mengakomodir semua kesepakatan strategis yang berkembang dalam proses pembahasan. Memberikan atensi terhadap pemerintah daerah dalam melakukan rekstrukturisasi Regulasi pendapatan daerah baik pajak daerah maupun retribusi. Mengarahkan penggunaan Belanja Daerah pada hal yang bersifat wajib dan mendesak. Mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), melalui pemamfaatan alokasi anggaran berpedoman pada ketentuan yang berlaku sehingga mamfaatannya dapat meningkatkan kwalitas kehidupan rakyat serta pulihnya perekonomian setelah mengalami gejolak di masa pandemi covid 19.

Fraksi Partai PDI-P, berharap agar kesepakatan dan komitmen yang ditetapkan Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Pemerintah Daerah pada pembahasan R-APBD dapat dilaksanakan secara konsisten. Mengatasi kendala teknis dan non teknis penggunaan Sistem Informasi Pemeritahan Daerah (SIPD)  yang mengakibatkan keterlambatan penyampaian dokumen R-APBD beserta dokumen pendukungnya kedapa DPRD. Dalam pengelolaan keuangan, pemerintah daerah harus transparan, akuntabel, bertanggungjawab serta tepat sasaran guna tercapainya tujuan bersama mengsejaterahkan masyarakat. Terhadap pinjaman Dana Pemulihan Nasional (PEN) yang dilaksanakan dengan tahun jamah, fraksi PDI-P berpendapat tidak dapat dilaksanakan melalui mekanisme tahun jamah karena pinjaman dana PEN tidak dimuat dalam KU-PPAS dan R-APBD TA 2022, serta tidak dibahas dalam rapat badan anggaran DPRD bersama TAPD.(AM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar