Tindage : Kami upayakan target PAD tercapai hingga akhir tahun

KBRN Tahuna : Sebagai salah Perangkat Daerah yang menyumbang  Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinas Perindag) upayakan capaian realisasi hingga akhir tahun.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindag Deri Tindage saat dikonfirmasi mengatakan hingga bulan November 2021 capaian PAD sudah diatas 1 Miliar Rupiah. Meskipun diakui pandemi Covid 19 juga mempengaruhi kemampuan masyarakat untuk membayar retribusi sebagai penerimaan daerah.

“ Ya, sampai bulan ini capaian realisasi PAD sudah diatas 1 Miliar Rupiah, jadi masih ada sekian tarus juta yang akan kami (Dinas Perindag) pacu hingga akhir tahun. “  Potensi Pendapatan Asli Daerah yang dikelolah Dinas Perindag diantaranya dari pembayaran retribusi, uang muka penempatan kios daerah dan swadaya. Selain itu ada 23 Pasar yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menjadi lokus penerimaan PAD.

“ Kita kan ada 23 Pasar, Cuma saat ini 18 Pasar yang dikelolah penuh, ada Pasar yang dikelolah Kampung dengan pembagian bersama, jadi belum full, namun kami optimis dapat tercapai hingga akhir tahun. “   Sebelumnya Dinas Perindag di targetkan sebesar 1 koma 7 Miliar Rupiah namun adanya pembangunan Pasar yang direncanakan berproses di akhir tahun 2021, Minimal dan Pasar Trikora, menjadi pertimbangan sehingga dilakukan penyesuaian. 3 Bulan terakhir tidak dilakukan penagihan bagi pedagang pemilik kios, dikandung maksud agar masyarakat dapat membiayai sendiri pembuatan kios saat dilakukan relokasi kedepan.  Deri Tindage optimis hingga akhir tahun target PAD dapat tercapai setelah mengalami penyesuaian sebesar kurang lebih 1 koma 2 Miliar. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar