Dinas Pertanian Sangihe Pacu Vaksinasi Rabies

KBRN, Tahuna : Salah satu program prioritas Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe yaitu merealisasikan kegiatan Vaksinasi Rabies.

Program pengendalian penyakit hewan peliharaan anjing dan kucing itu, dilakukan setiap tahunnya.

Kepala Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Gofrid Pella kepada Media ini Selasa,(19/10/2021), mengatakan, kegiatan vaksinasi rabies terus dipacu setelah beberapa bulan terakhir terkendala akibat situasi Pandemi Covid 19.

"Sampai pada posisi bulan september, kami telah melakukan vaksinasi rabies dibeberapa kecamatan, jadi mulai dari kecamatan tabukan selatan, tabukan tengah, tabukan utara, kemudian 3 kecamatan di kota tahuna. Nah minggu lalu kita juga sudah selesai melakukan vaksinasi di kecamatan tamako dan kemarin di manganitu selatan,"jelasnya.

Lanjut dikatakan, hingga akhir tahun 2021 sebanyak 13 ribu ekor hewan ajing akan di vaksinasi sesuai data populasi tahun 2020. Sementara, untuk populasi hewan kucing ditargetkan 1.300 ekor.

Dalam pelaksanaan dilapangan, petugas vaksinator berkewajiban mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyakit rabies akibat gigitan anjing gila dan kucing.

Untuk itu, perlu adanya pemahaman tentang upaya dini untuk membersikan luka gigitan hewan peliharaan tersebut, sebelum memeriksakan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat, maupun RSUD.

Ia juga menambahkan, kendala yang ditemui pada pelaksanaan vaksinasi hewan peliharaan, dipengaruhi oleh cuaca mengingat karakteristik daerah kepulauan sangihe.(AM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00