Pandemi Covid 19 pengaruhi capaian Target Pendapatan Asli Daerah

KBRN Tahuna : Pandemi Covid 19 yang mempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat berimbas terhadap penurunan Pendapatan Asli Daerah akibat-pembatasan-pembatasan yang dilakukan Pemerintah.   Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan Daerah Jevermon Malo, SE mengatakan realisasi Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah dimasa pandemi Covid 19 terjadi penurunan. Ini diakibatkan pembatasan-pembatasan yang dilakukan, sehingga kunjungan tamu di Hotel dan Restoran menurun.

“ Sejak pandemi Covid 19 terjadi di Bulan Maret 2019 penurunan pendapatan daerah ikut berpengaruh, sebab pengusaha memberikan informasi ril berkurangnya pendapatan dari usahanya. “  Menurut Jeverson Malo Pandemi Covid 19 yang mengalami peningkatan kasus sejak Maret 2019 membuat Pemerintah melakukan upaya menekan penyebarannya dengan pembatasan kunjungan dan aktivitas masyarakat,  Dampak tersebut membuat Pendapatan masyarakat terutama Usaha Kuliner restoran dan Hotel menurun drastis.

“ Kami (Badan Keuangan) saat ini melakukan berbagai terobosan guna menfasilitasi masyarakat agar memudahkan dalam penyetoran Pajak secara Online melalui aplikasi, selain itu melakukan pendataan potensi pajak dan retribusi untuk penyusunan APBD 2022. “ Jelasnya. Realisasi Pajak dan Retribusi serta Pendapatan lainnya secara umum pada posisi Triwulan ke 3 diatas 50 persen dari total Pendapatan Tahun 2021 ditargetkan 900 Miliar Rupiah lebih. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00