145 Bendahara Desa Ikut Sosialiasi dan BIMTEK Kewajiban Perpajakan.

KBRN, Tahuna    :   Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis kewajiban perpajakan bagi 145 Bendahara Desa se Kabupaten Kepulauan Sangihe.    

145 Bendahara Desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe mengikuti Sosialisasi dan Bimtek Kewajiban Perpajakan Bendahara Desa di Papanuhung Santiago Tampunganglawo Rabu 22 september 2021.      Kepala Bidang Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe John Benyamin menyatakan Sosilasiasi dan Bimbingan Teknis kewajiban Perpajakan wajib diikuti Bendahara Desa karena ada ketentuan perpajakan yang harus dipenuhi.    Disamping itu banyak perpajakan yang belum direalisasikan oleh Bendahara Desa sehingga perlu adanya sosialisasi dan bimtek bagi bendahara Desa seperti ini. “Ketentuan perpajakan yang harus dipenuhi karena ternyata banyak perpajakan yang belum dapat direalisasikan oleh Desa tata cara perhitungan belum sesuai. “kata John Benyamin.

John Benyamin menambahkan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sangihe hanya menghadirkan Bendahara Desa sedangkan semua kegiatan difasilitasi Kantor Pajak Pratama Tahuna. 

Penyuluh Perpajakan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tahuna I Wayan Sekin menyatakan dana melaui APBN untuk Desa akan digunakan untuk belanja jasa dan konstruksi ada pajak yang harus dibayarkan yakni PPH Pasal 4 ayat 2 dan PPN. “Belanja jasa dan konstruksi ada pejak PPH Pasal 4 ayat 2 dan PPN itu masing-masing dapat dikenakan atas PPH perencaaan dikenakan 4 persen dari dana yang akan dipergunakan. “jelas I Wayan Sekin.  

Kegiatan sosialisasi dan Bimbingan Teknis Kewajiban Perpajakan Bendahara Desa dari 145 kampung dibagi dua sesi sesuai protokol kesehatan.  (ALX)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00