Biaya Jasa TKBM Cukup Besar Dapat Mempengaruhi Kenaikan Harga Barang

KBRN, Tahuna : Jasa Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Tahuna dikeluhkan oleh para Pengusaha Pengguna Jasa Tol Laut di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Hal itu ditegaskan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Peridustrian dan Perdagangan (Perindag) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Ferawanti M Massora, ST, kepada Media ini belum lama ini.

Menurut Massora biaya jasa TKBM per Kontainer mencapai Rp.3.500.000. Dimana jasa TKBM dimaksud paling tinggi di indonesia. Hal ini juga dapat mempengaruhi kenaikan harga barang di pasaran yang ada di kota tahuna dan sekitarnya.

"Memang biaya jasa tkbm sangat besar, bahkan yang paling tinggi di indonesia. Sehingga hal tersebut terkadang mempengaruhi kenaikan harga barang di pasaran,"jelasnya.

Sebaliknya ungkap Masorra, pihaknya tidak dapat menginterfensi harga atau biaya TKBM di pelabuhan tahuna, karena biaya jasa tenaga kerja bongkar muat telah diatur dalam kesepakatan bersama.

"Terkait harga biaya jasa TKBM sangat tinggi namun kami tidak bisa berbuat banyak, karena biaya penggunaan jasa tersebut tertuang dalam surat kesepakan bersama yang ditandatangani antara pemerintah daerah, tkbm dan para pengusaha,"pungkasnya.(AM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00