Wolf : Dana Covid 19 terkendala penyesuaian dan perubahan regulasi

KBRN Tahuna : Adanya desakan masyarakat tentang transparansi Dana Covid 19 di Kabupaten Sangihe ditanggapi Sekertaris Daerah Heri Wolf ST.ME. Menurut Heri Wolf sejak tahun 2020 Pemerintah Daerah telah melakukan refocusing anggaran dan re-alokasi mendukung percepatan penanganan covid 19 berdasarkan regulasi secara berjenjang. Namun seiring waktu perubahan regulasi terjadi saat kasus menurun di awal tahun 2021, kemudian mengalami peningkatan secara signifikan di 2 bulan terakhir.

“Pemda Sangihe telah melakukan refocusing anggaran, re-alokasi di tahun 2020 mendukung percepatan penanganan covid 19, kita tahu bersama bahwa di awal tahun ini kasus di Sangihe menurun, otomatis berdampak terhadap perubahan regulasi termasuk penganggaran.” Awalnya penanganan penganggaran Covid 19 di lakukan melui Biaya Tak Terduga (BTT) namun sesuai petunjuk pusat maka dilakukan Refokusing dan re-alokasi dan Pemda sudah menjalankan, jelas Wolf. Sementara Tahun 2021 Pemerintah Daerah telah mengganggarkan sejak awal perencanaan program kegiatan namun dilakukan penyesuaian kembali mengingat peningkatan kasus yang sangat signifikan. Keterlambatan dan temuan kendala dilapangan dipengaruhi diantaranya entri data melalui Sistem keuangan yang terkoneksi dengan Pusat.

“Untuk pengganggaran tahun 2021 khusus penanganan covid 19, sebenarnya sudah dianggarakan sejak awal namun kemudian dilakukan penyesuaian mengacu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17 persyaratan utama transfer dana pusat ke daerah.” Berbagai asfek pembiayaan dilakukan diantaranya sebesar 25 persen alokasinya untuk pemulihan ekonomi dari Dana Transfer  Umum ke daerah.  Pemerintah Daerah tetap berupaya pengelolaan Dana Covid 19 sesuai peruntuhkan dan mampu dipertanggunjawabkan di semua Perangkat Daerah mengacu regulasi yang ada. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00