Cegah Penyebaran Covid 19, Babinsa dan Tim Medis Lakukan Tracing KERT

KBRN, Tahuna :  Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid 19, personil Babinsa Koramil 1301-04/Manganitu bersama tim medis melaksanakan  Tracing kepada warga yang memiliki kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan kasus terpapar Covid 19. Bertempat di Lendongan 2 Kampung Lebo Kecamatan Manganitu, Senin (26/07/2021). 

Kegiatan pendampingan Tracing merupakan salah satu bentuk kepedulian dan menjadi tugas aparat Babinsa di wilayah binaanya, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid 19, Babinsa memberikan arahan kepada pelaku kontak erat agar melaksanakan karantina mandiri dan mengikuti pengawasan dari petugas medis. Pada kegiatan tersebut selain mencari kasus yang mungkin ditimbulkan akibat terinfeksi karena kontak erat, petugas juga menyampaikan edukasi kepada masyarakat agar tidak mengucilkan warga yang menjalani isolasi mandiri.

Kegiatan ini sangat penting sekali dilakukan, agar penanganan Covid 19 mulai dari bawah dapat maksimal. Yaitu dengan melakukan pemantauan, pendataan dan evakuasi saat diketahui ada warga yang pernah menjalin kontak erat dengan pasien positif Covid-19, sehingga dapat mendeteksi secara cepat dan mengambil langkah-langkah pencegahan," ungkap Sertu Jolly Laholo. 

"Harapan kami dengan adanya kegiatan contact tracing ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan bahaya Virus Corona, dan ini merupakan salah satu langkah penangananya, yaitu melakukan penelusuran kontak erat untuk mengendalikan dan menekan laju penyebaran virus Covid-19, karena warga yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan saat berada di kerumunan, dan ini tidak dapat di deteksi karena mereka tidak menyadari kalau terinfeksi sebab tidak mempunyai gejala," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00