Lukas : Satgas Kelurahan dan Kampung Dinilai Tidak Serius Menerapkan PPKM

KBRN, Tahuna : Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Kepulauan Sangihe sudah sepatutnya menjadi perhatian Satgas Covid 19 tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Kampung.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Cabang Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Johan F Lukas kepada Media ini Sabtu, (24/7/2021).

Menurut Johan Lukas, upaya penanggulangan wabah covid 19 hanya menjadi focus Satgas Kabupaten. Padahal sangat jelas edaran Bupati Sangihe tentang PPKM Mikro yang mengharuskan peran aktif satgas tingkat wilayah.

"Seharusnya yang lebih berperan adalah satgas kelurahan dan desa yang dikoordinir oleh kecamatan. Namun kacamata saya dilapangan sejauh ini belum adanya pergerakan dari satgas dimasing-masing wilayah untuk pengetatan ppkm,"jelasnya.

Lebih lanjut Johan Lukas menafsirkan, belum adanya partisipasi satgas ditingkat wilayah, kemungkinan tidak adanya ketersediaan dana operasional.

"Saya menilai, ini terkait persoalan anggaran operasional sehingga satgas kelurahan dan kampung tidak berperan aktif untuk melakukan pengetatan ppkm dilapangan,"tambahnya.

Terkait hal itu, pemerintah daerah diminta  berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, kelurahan dan kampung sehingga adanya keseriusan dalam menangani penyebaran wabah mematikan corona virus.(AM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00