Pemerintah dan Pers Saling Bersinergi Tangkal Hoax

KBRN Tahuna : Perkembangan teknologi informasi dewasa ini memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan informasi secara luas, namun disisi lain segilintir orang juga memanfaatkan dengan berita-berita hoax yang menjadi konsumsi publik. Bahkan informasi yang belum ada kebenarannya dapat dengan mudah beredar di masyarakat terutama di Media social.

Menyikapi kondisi ini Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Sangihe Threenov Toufan Pontoh, SH meminta masyarakat jeli terhadap berita yang beredar secara luas.  Harus mampu menfilter setiap informasi dan mengkroscek kebenarannya sehingga jelas dan  tidak menimbulkan  dampak hukum.

“Saat ini Perkembangan dan kemajuan Teknologi informasi tidak dapat kita pungkiri, membuat kemudahan bagi masyarakat mendapatkan informasi secara luas, namun sering juga kita temukan berita-berita atau informasi Hoax yang sengaja dihembuskan untuk kepentingan segelintir orang.” Ujarnya

Peran media juga sangat menentukan, untuk bersama-sama memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat,  setiap berita harus memenuhi kriteria dan kaidah jurnalis.

“Setidaknya kita harus realistis menyikapi setiap informasi, apakah memiliki kebenaran atau tidak, saya kira peran media atau pers sangat penting dalam komitmen bersama menyajikan informasi yang benar tentunya sesuai fungsi masing-masing.”  tambahnya

Menurut Toufan Pemerintah dan media atau Pers harus terus saling bersinergi dalam misi bersama membangun daerah Kepulauan Sangihe.

"Tidak membatasi setiap pendapat, menghargai argument yang disampaikan terutama dimedia social tetapi mampu mempertanggungjawabkannya, ungkapnya.  

Ia berharap dukungan dan kontribusi aktif seluruh elemen dalam kesinambungan kerja Pemerintahan, dan tetap mengedepankan tatanan di kehidupan masyarakat yang berlangsung selama ini sebagai kekuatan menuju Sangihe yang lebih maju kedepan. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00