Posal dan Posmat Jajaran TNI AL Melonguane Bantu Awasi Pelaksanaan Ujian Sekolah Di Wilayah Pulau Terluar NKRI

KBRN, Tahuna : Tidak hanya bertugas sebagai pengamanan pulau-pulau kecil Terluar/Terdepan di wilayah Perbatasan Utara NKRI, namun para Prajurit Lanal Melonguane yang tergelar di pulau Miangas dan Marampit serta di beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Kepulauan Talaud juga melaksanakan berbagai kegiatan membantu kemajuan dan pembangunan di daerah, termasuk pembangunan SDM. 

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan Kesehatan Masyarakat, memberikan Penyuluhan, Bhakti Sosial, mengajar di Sekolah. Dan untuk saat ini para prajurit yang bertugas di Posal dan Posmat di pulau-pulau kecil terluar terkosentrasi membantu para guru untuk melaksanakan Ujian Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Pgs Danposal Miangas Lettu Laut (T) Tarsono beserta anggotanya dan Pgs Danposmat Marampit Sertu APM M. Rizqi D.I. beserta anggotanya, Danposal Talaud Letda Marinir Fahmi Zaky beserta anggotanya serta Serka SAA Joko S. Pambudi selaku Babinpotmar Lanal Melonguane beserta anggotanya di selah kesibukannya meluangkan waktu untuk membantu tenaga pendidik dalam melaksanakan pengawasan Ujian bagi para Siswa. 

Komandan Lanal Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto S.T., M.Tr.Hanla yang merupakan Alumni Sekolah Tinggi Teknologi TNI Angkatan Laut tahun 2007 tersebut menyatakan, bahwa sampai dengan saat ini terus memberikan penekanan kepada seluruh Jajarannya untuk selalu berkontribusi positif bagi masyarakat di wilayah perbatasan, termasuk membantu mengatasi berbagai kesulitan masyarakat di pulau-pulau kecil terluar diantaranya Miangas dan Marampit. 

“Prinsip agar hidup bermanfaat selalu saya tekankan kepada anggota saya, sebagian besar dari kami yang berdinas terpisah jauh dari keluarga (anak dan istri) dalam kurun waktu yang cukup lama, kami upayakan tidak sia-sia untuk negara ini. Selain melaksanakan tupoksi kami sebagai prajurit matra laut, kami akan berusaha untuk terus berkontribusi positif sesuai dengan kemampuan yang kami miliki”, ungkap Pamen Berpangkat Letkol Marinir yang pernah menjadi siswa teladan saat SMP dan menerima beasiswa khusus saat duduk di bangku SMA ini.

Danlanal Adi Sucipto tak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh jajarannya, terutama yang bertugas di pulau-pulau kecil terluar di wilayah perbatasan beranda Utara NKRI. Dimana tetap konsisten menjalankan tugas dan fungsi sebagai sabuk pengaman NKRI sekaligus membantu jajaran pendidikan dalam upaya membangun SDM tangguh.

“Siswa siswi tersebut adalah adik-adik kami, anak-anak kami yang nantinya akan menjadi generasi penerus kami untuk membangun dan menjaga negeri ini. Harapan kami adalah kelak mereka jauh lebih baik dari kami-kami saat ini, sehingga nantinya negara ini akan kaut dan maju dengan didukung SDM yang unggul,"tambahnya.

Meski dalam keterbatasan menjalankan perintah tugas diwilayah perbatasan namun, dedikasi dan integritas prajurit di jajaran TNI Angkatan Laut  Melonguane tidak akan surut sebaliknya ketebatasan tersebut dijadikan sebagai penyemangat.

Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan daerah zona hijau saat ini diizinkan untuk melaksanakan sistim pendidikan tatap muka, termasuk dalam pelaksanaan ujian. Namun demikian, protokol kesehatan Covid-19 diterapkan secara ketat dimana para siswa wajib menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan.(Am)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00