Hansip Bakal Kembali di Fungsikan Guna Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

KBRN Tahuna : Memiliki peran sentral dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di Kampung Kelurahan, Pertahanan Sipil/Hansip harus dioptimalkan kembali.  Camat Tamako Hengki Nantingkase S.Sos dikonfirmasi terkait  momentum Hari Pertahanan Sipil Tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 19 April mengatakan tidak bisa dipungkiri Hansip merupakan organisasi yang saat ini berubah menjadi Perlindungan Masyarakat/Linmas memiliki andil besar dalam menjaga situasi aman dan konsusif mulai dari lingkungan terkecil tingkat Lendongan.

“Kita tau bersama sejak dahulu  Hansip memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tiap lendongan, Pos Jaga atau Pos Ronda, bahkan hingga saat ini peran Hansip tetap diperluhkan meski sudah berubah menjadi Linmas.” ungkap Camat

Sudah sepatutnya Hansip kembali difungsikan dalam upaya menunjang program Pemerintah, terlebih disaat situasi pandemic covid 19.  Bersama TNI dan Kepolisian, Hansip bakal dilibatkan dalam berbagai agenda Pemerintah yang dilaksanakan disetiap wilayah.

“Khusus di wilayah Kecamatan Tamako, Hansip bakal kembali di fungsikan dalam menunjang berbagai agenda Pemerintah dan akan diinventarisasi di setiap Kampung.”

Camat Tamako Hengki Nantingkase menyatakan khusus di wilayah kerjannya akan diinventarisasi Hansip di setiap Lindongan ataupun Kampung sehingga kedepan Hansip kembali diserahi tugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.  Sejak tahun 2002 Hansip berubah menjadi Perlindungan Masyarakat yang dibawah naungan Pemerintah khususnya Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas. Camat Tamako berharap Hansip tetap dengan perannya  dalam mendukung setiap program Pemerintah demi menciptakan situasi aman dan kondusif. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00