Gubernur Jawa Tengah Minta Pengungsi Ikuti Aturan Pemerintah

KBRN, Klaten: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi pengungsian Gunung Merapi di Desa Balerante Kecamatan Kemalang, Klaten, Selasa (19/1/2021) petang. Kunjungan dilakukan untuk mengetahui kondisi para pengungsi asal sejumlah kampung di Desa Balerante  tersebut.

Terkait dengan perkembangan aktivitas gunung merapi, Ganjar Pranowo kepada wartawan  meminta agar masyarakat  atau para pengungsi mematuhi anjuran dari pemerintah. Dengan mematuhi atauran dari  pemerintah akan lebih mudah  dalam pengurangan resiko bencana.

"Pokoknya ikuti aturan pemerintah karena kita pantuan terus menerus. Maka kalau mereka mengungsi semuanya insya allah aman. Insya allah lebih gampang mengurangi resiko bencana. Kondisi siaga ini BPBD untuk berkewajiban untuk memantau terus menerus," ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada wartawan.

Pada  kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar  Pranowo juga menyampaikan  semua pengungsi dalam kondisi aman dan stok logistik tercukupi. Selain itu juga keperluan perlengkapan lain seperti kasur dan selimut juga cukup.

Sedangkan, Bupati Klaten Sri Mulyani kepada wartawan juga mengungkapkan, untuk kenyamanan dan keamanan warga pengungsi  baik Desa Balerante maupun Desa Tegalmulyo disarankan untuk tetap tinggal dipengungsian terlebih dahulu, sambil menunggu status siaga merapi diturunkan.

"Saat ini merapi kan masih siaga level tiga jadi para pengungsi di Balerante dan Tegalmulyo  bahwa kami pemrintah kabupaten Klaten para pengungsi untuk tetap tinggal di barak pengungsian biar aman dan slamet," kata Sri Mulyani.

Sementara dalam kunjungan tersebut Ganjar Pranowo juga berksempatan  melihat kondisi para pengungsi di barak pengungsian  setela melihat aktivitas di dapur umum. Adam sutanto/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00