Warga Di KRB Tiga Sidorejo Kemalang Klaten Diminta Mengungsi

KBRN,Klaten: Meskipun status gunung merapi sudah naik menjadi level tiga atau siaga  namun ratusan warga Desa sidorejo yang tinggal di kawasan Rawan bencana KRB tiga masih tetap bertahan di kampung mereka masing-masing. Mereka baru akan mengungsi  jika kondisi merapi dinilai sudah berbahaya dan mengharuskan  untuk mengungsi.

Koordinator relawan Sidorejo Sukiman kepada RRI mengatakan  mereka akan melakukan pengungsian jika sudah ada perintah dari merapi. Salah satunya jika sudah bila ada guguran lava pijar dan juga suara gemuruh yang terus- menerus.

"Kalau ditanaya kapan mau turun ya kapan disuruh merapi. Jadi kalu belau merapinya belum menyuruh kami untuk trutun kami belum turun.Istilahnya evakuasi mandiri," ungkap Koordinator relawan Sidorejo Sukiman kepada RRI hari Sabtu (28/11/2020).

Namun demikian, berbagai persiapan sudah dilakukan warga jika harus mengungsi swaktu-waktu. Termasuk tempat pengungsian sementara juga sudah disiapkan.

Jumlah warga KRB tiga Sidorejo 36an jiawa.

Sedangkan Pejabat sementara Bupati Klaten Sujarwanto  kepada wartawan mengatakan aktivitas gunung merapi terus terjadi peningkatan  seperti sudah sering terjadi kegempaan dan  guguran. Pihaknya melalui balai penyelidikan dan pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi terus melakukan pemantauan gunung merapi tersebut.

Pemerintah Kabupaten Klaten  terus melakukan penyiapan warga yang belum  melakukan pengungsian seperti Desa Sidorejo di Kecamatan Kemalang.

"Kita terus menjalankan pengelolaan pengungsian dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan termasuk penyiapan yang masih belumoptimal pengungsian Sidorejo misalnya. Kita terus menyuluh agar masyarakat paham bentul maksud dari sebuah pengungsian adalah penyelamatan melindungi rakyatnya," tegas Pjs Bupati Klaten Sujarwanto kepada wartawan.

Berdasrakan data jumlah pengungsi merapi di Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten kurang lebih 390 orang  yang berasal dari Desa Tegalmulyo dan Desa Balerante.Sedangkan untuk Desa Sidorejo belum ada warga yang mengungsi. Adam sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00