Pasar Gede Solo Ditutup Sepekan, 11 Pedagang Positif SARS-CoV-2

Foto Caption: Pasar Gede Solo yang berada di jantung kota Surakarta mulai besok ditutup sampai satu pekan.

KBRN, Surakarta: Pasar Gede Harjonagoro Solo sebelah timur akhirnya ditutup sepekan menyusul pedagang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan penularan virus di pasar yang berlokasi di jantung Kota Solo itu sudah menjadi klaster. Setidaknya ada 11 pedagang yang terpapar virus SARS-CoV-2 itu.

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan penutupan Pasar Gede sebelah Timur berlaku efektif mulai 1 - 7 Desember. Instruksi penutupan sudah disampaikan melalui Kepala Dinas Perdagangan (Disdag), Heru Sunardi. Rudy sapaan akrab walikota itu meminta agar penutupan segera disampaikan kepada para pedagang.

“Sudah saya minta untuk ditutup untuk disterilkan dulu. Kalau tidak cepat, pedagangnya keburu kulakan,” kata Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Senin (30/11/2020).

Walikota juga meminta selain dilakukan tracing kontak dekat pedagang Dinas Perdagangan harus melakukan sterilisasi. Petugas harus melakukan penyemprotan berkala. "Pak Heru saya minta disterilkan. Pokoknya saya minta ditutup. Hasil tracingnya banyak," tandas Rudy.

Sementara itu, Heru Sunardi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan paguyuban pedagang Pasar Gede terkait rencana penutupan tersebut. Paguyuban diminta untuk mensosialisasikan rencana tersebut kepada para pedagang.

“Sudah kami sampaikan supaya barang-barang yang mudah rusak dikeluarkan dulu. Kita beri waktu sampai nanti malam,” ujarnya.

Selain itu, Pemkot juga akan menyemprot disinfektan setelah pedagang keluar dari area pasar. Rencananya penyemprotan dilaksanakan pukul 16.00 WIB.

Selama masa penutupan, Disdag akan menempatkan penjaga untuk menghalau pedagang yang nekat beraktivitas di sekitar pasar.

“Karena diamanatkan pedagang untuk melakukan karantina. Yang namanya karantina ya di rumah istirahat, tidak berjualan di tempat lain,” katanya.

Heru mengatakan awalnya ada tiga pedagang Pasar Gede yang reaktif setelah Rapid Tes. Kemudian dilanjutkan swab dan terkonfirmasi positif Covid-19.

Satgas Covid-19 kemudian melakukan contact tracing. Dari tracing itu ada 8 pedagang yang tertular. Sehingga kini di Pasar Gede ada sebelas pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00