Ratusan Personil BPBD Dan Relawan Klaten Disiagakan Hadapi Musim Penghujan

KBRN, Klaten: Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Klaten bersama  komponen lainnya menggelar dalam apel kesiap siagaan  sumber daya aparatur  relawan penanggulangan bencana, Selasa (27/10/2020), di Halaman Pemda Klaten. 

Kegiatan  yang diikuti  jajaran TNI Polri Relawan, PMI,RAR, dan BPBD klaten  merupakan bentuk kesiapan  dalam menghadapi musim penghujan.

Pejabat sementara Bupati Klaten Sujarwanto Dwiatmoko  kepada wartawan selesai menjadi inspektur dalam gelar apel tersebut amtara lain mengatakan  Kabupaten Klaten siap memberikan pelayanan kepada masyrakat  dalam pengurangan resiko bencana.

"Kita tunjukkan ke publik bahwa kita siap melayani publik , untuk itu jajaran TNI Polri dan seluruh forkompimda  semuanya menyatakan siap  temasuk organ-organ relawan PLN, juga menyatakan siap. Ini bentuk nyata bahwa Klaten siap meminimalisasikan dampak dari bencana," ungkapnya kepada wartawan. 

Dikatakan pemerintah mengakhawatirkan dari adanya lanina  berupa peningkatan curah hujan hingga 40 persen diatas normal. Dampak yang dapat terjadi antara lain adanya angin kencang, banjir dan tanah longsor didaerah lereng. Ancaman lainnya yakni banjir lahar dingin.

Sedangkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik  BPBD Klaten  Yuwana Haris  kepada RRI mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk respon dari perkiraan musim penghujan di klaten akan terjadi pada  sepuluh hari terakhir di bulan Oktober.

"Jadi ini bentuk kesiapan respon atas prediksi dari badan meteorologi dan klimatologi dan geofisika  yang mana untuk wilayah kabupaten klaten musim hujan diprediksikan jatuh pada sepuluh hari terakhir di bulan Oktober," kata Yuwana Haris. 

Ditambahkan untuk mendukung penanganan dampak bencana di Klaten terdapat lebih dari 90 komunitas relawan dengan jumlah personil kurang lebih seribu orang. Sedangkan posko kesiapsiagaan benjiar akan dimulai pada satu nopember 2020  sampai 31 maret  2021. adam sutanto/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00