Cegah Banjir, BBWSBS Gandeng Relawan Sungai Dan Masyarakat Prambanan Klaten Lakukan Bersih Sungai

KBRN,Klaten: Pengurangan resiko bencana dalam menhadapi  musim penghujan terus dilakukan berbagai komponen di Kabupaten Klaten. Seperti di wilayah Prambanan Klaten kurang lebih seratus orang  bergotong royong melakukan pembersihan enceng gondok yang tumbuh liar di Sungai Kongklangan Desa Cucukan Prambanan.

Mereka itu berasal dari para relawan komonitas peduli sungai, Balai Besar Wilyah sungai BBWS Bengawan Solo, dan juga masyarakat Desa cucukan.

"ini bersih sungai dalam rangka antisipasi musim penghujan 2020.  Kegiatan ini bersama desa cucukan terutama warga  tegal sendaen  dan tegal cucukan. Sekitar seratus orang  dengan protokol kesehatan," ungkap Relawan Sungai Kabupaten Klaten Arif Fuad Hidayah, Jumat (23/10/20).

Kegiatan yang dilakukan berupa pembersihan enceng gondok yang tumbuh subur di sungai tersebut, sepanjang kurang lebih dua kilo meter yakni dari Desa  Kotesan sampai Desa Sengon.

"Eceng gondok di sungai kongklagan  perlu dibersihkan karena pada tahun lalu saat banjir terjadi , eceng gondong terbawa air dan berhenti disebuah tiang penyanggga jembatan yang berada  ditengah sungai yang airnya hampir meluber di perkampungan,"imbuhnya.

Sementara Camat Prambanan Suhardi kepada RRI mengatakan diwlayah Prambanan kerawanan banjir berada Desa Sengon hingga Desa Kotesan. Hal itu diesebabkan banyaknya tanggul yang  rusak yakni lobang-longang tikus.

"Kerawanan banjir di wilayah Sengon hingga Kotesan. Banyak tanggul sungai yang rusak akibat tikus, "kata Camat Prambanan Suhardi.

Oleh karenanya ia berharap agar para Kepala Desa dan juga masyarakat untuk melakukan perbaikan tanggul itu.Diwilayah itu pada tahun 2018 juga pernah dilanda banjir  akibat kurusakan tanggul.RRI Adam Sutanto/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00