Bantu Edukasi Masyarakat, PMI Solo Gandeng SIBAT Sosialisasi Pembuatan Sabun

KBRN, Surakarta: PMI Solo bekerjasama dengan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Kampung Sudiroprajan, menggelar edukasi pembuatan sabun cuci tangan atau handsoap yang digelar di Pasar Gedhe Solo, Sabtu (8/8/20).

CEO PMI Solo Sumartono Hadinoto  mengatakan, pihaknya berharap edukasi pembuatan sabun ini bisa ditularkan kepada seluruh masyarakat.

Menurut Sumartono, mencuci tangan dengan sabun akan terus disosialisasikan PMI kepada masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 agar pandemi segera berakhir.

”Sabun ini pun menjadi sebuah masukan yang sangat berharga karena waktu itu akan kami hanya berbagi disinfektant, tapi ternyata sabun ini yang biayanya sangat ekonomis, kalau dibuat sendiri manfaatnya sangat luas dan sangat dibutuhkan masyarakat," ungkap Sumartono kepada RRI disela kegiatan. 

Dikatakan Sumartono, ide pembuatan handsoap ini sebagai masukan yang sangat berharga dari relawan SIBAT.

"Kami telah mendapat masukan dari relawan SIBAT, akhirnya kami putuskan untuk membantu sabun cair ini," jelasnya.

Sementara itu Ketua SIBAT Kampung Sudiroprajan, Jebres Solo Yanuar Sri Hartono mengatakan, dipilihnya Pasar Gedhe sebagai lokasi edukasi pembuatan sabun karena masih dalam area kampung Sudiroprajan.

Dijelaskan Yanuar, kegiatan pembuatan handsoap ini dimaksudkan untuk mengedukasi petugas pasar dan beberapa pedagang.

”Kita sasarannya untuk satu Satpam, dan beberapa pedagang karena kita kan ndak boleh kumpul-kumpul sebetulnya, maka kita kemarin menyurati pak Lurah Pasar, kita meminta beberapa Satpam, dan beberapa pedagang untuk kita edukasi pembuatan sabun cuci tangan," ungkapnya.

Adapun bahan-bahan untuk pembuatan handsoap ini mudah didapatkan dan tidak mahal, seperti 1 kilogram texapon, 1 kilogram Garam Dapur dan 1 sendok makan sitrun serta bisa ditambah pewangi ataupun pewarna. 

Lalu, Ketiga bahan tersebut dicampur dan diaduk sampai berbusa, dan setelah sekitar 5 jam busa mengendap, barulah air sabun tersebut bisa diambil dan dikemas. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00