Lereng Merapi Mulai Sulit Air Bersih, BPBD Klaten Mulai Kirim Bantuan

KBRN, Klaten: Dampak musim kemarau yang terjadi sekarang , sejumlah wilayah di Kecamatan Kemalang mulai mengalami persoalan air bersih. Desa-desa yang mulai dilakukan dropping air bersih seperti Desa Sidorejo, Tegalmulyo dan Desa Tlogowatu.

"Bantuan air sudah mulai disalurkan ke wilayah terdampak. Sesuai dengan SK Bupati Klaten bahwa sekarang ini Klaten sudah bersatatus darurat bencana kekeringan yakni mulai satu Juni 2020," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik  BPBD Klaten Yuwana Haris kepada wartawan Jumat (10/7/2020).

Puncak musim kemarau di Kabupaten Klaten diprediksi bulan Agustus hingga September. BPBD juga telah mengalokasikan untuk bantuan air besih tersebut kurang lebih 1000 tanki.

Sementara dampak kekringan memang sudah dialami sebagain masyarakat di wilayah Desa Tegalmulyo. Seperti diakui Kepala Desa Tegalmulyo Kemalang, Klaten Sutarno, kurang lebih dalam dua minggu terakhir masyarakat sudah membeli air bersih.

"Untuk wilayah sini bekisar 250 ribu pertengki kapasitas 5.000 liter. Warga yang mengalami  kerawanan air kurang lebih 1.800 jiwa," kata Sutarno.

Setiap tangki diperkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sepuluh hari. Belum termasuk kebutuhan ternak-ternak mereka. 

Walaupun di wilayah itu terdapat sumber air namun belum mencukupi secara keseluruhan. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00