Wabah Corona Menggerakkan Warga Ampel Menanam Sayuran untuk Ketahanan Pangan

Desa Urutsewu Kecamatan Ampel menanam aneka macam sayuran dalam polybag.
Desa Urutsewu Kecamatan Ampel menanam sayuran.

KBRN,Boyolali: Di tengah pandemi Covid-19 warga Desa Urutsewu Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali menggalakkan budidaya  sayuran dengan polybag. 

Penggerak menanam sayuran polybag Sunardi menjelaskan ditengah pandemi Covid-19 sebagian warga sangat kesulitan ekonominya. Untuk itu para warga digerakan untuk menanam sayuran disetiap pekarangan rumahnya.

"Dengan media tanam yang biasa digunakan cara organik di polybag. ada terong, sawi, tomat, cabe, daun loncang, banyak lagi," ungkap Sunardi saat ditemui di Dukuh Sambirejo Desa Urutsewu  Kecamatan Ampel Senin (1/6/2020).

Lanjut Sunardi, media pupuk dan bibit disediakan oleh kelompok. Warga tinggal menanam. Sementara hasil panen sebagian untuk kelompok sebagian milik penanam.

"Gerakan menanam sayuran ini sudah dilakukan sekitar 4 bulan sejak adanya corona. Selain untuk konsumsi sendiri. Sayuran  dipesan dari Puskesmas Ampel," imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Urutsewu Kecamatan Ampel Haryanto menambahkan, gerakan penanaman sayuran polybag sebenarnya telah dimulai tahun 2016. Beberapa kali diadakan lomba baik tingkat kelompok maupun tingkat perorangan.

"Berjalannya waktu sedikit kendor. Tetapi sejak terjadinya wabah corona warga kembali giat menanam semua jenis sayuran dalam polybag dan ternyata sangat bermanfaat," ujarnya.

Selain bisa mencukupi keluarga dapat pula dijual sehingga bisa meningkatkan ekonomi kelurga. Selaku Kepala Desa dirinya sangat mendukung kegiatan warganya agar dapat sedikit mendapatkan hasil tambahan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00