Skrining Covid-19, Wartawan dan Walikota Jalani Rapid Test

KBRN, Surakarta: Puluhan wartawan yang tiap hari bertugas di Kota Solo, menjalani rapid test sebagai screening awal terkait virus Corona atau COVID-19, Rabu (27/5/2020). Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo bersama Kapolres dan Komandan Kodim juga mengikut rapid test.

Skrining dilakukan, antara lain karena Waikota kerap mengantar pulang orang dalam pemantauan (ODP) Corona hingga pasien positif yang sembuh. Rapid test digelar di Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Rabu pagi juga menyasar awak media karena sering melakukan peliputan terhadap obyek-obyek yang rawan terjadi penularang Covid 19.

Usai menjalani Rapid Tes Walikota yang akrab disapa Rudy itu mengungkapkan, Rapid test untuk mengantisipasi, jangan sampai nanti menjadi OTG, orang tanpa gejala, sudah membawa virus.

"Kita tidak bisa menolak, mengantar teman-teman karantina selesai, pasien positif pulang dari rumah sakit, PDP sembuh kita antar. Ini agar mereka tidak dikucilkan masyarakat. Ini kan untuk antisipasi saja, jangan sampai kita jadi OTG dan menularkan virus," beber Rudy.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr Siti Wahyuningsih mengatakan, rapid yang dilakukan DKK untuk skrining terhadap orang yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Termasuk awak media yang berhadapan dlangsung dengan nara sumber berbagai kalangan.

"Semua yag sering berhadapan dengan masyarakat, termasuk media, bagian umum, humas protokol, pak wali, pak camat pak lurah yang sering nganter kita tracing di rapid test," jelasnya.

Rapid test juga diikuti oleh Kapolresta Solo Kombes Andy Rifai, Dandim 0735/Solo, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, humas serta wartawan. Kapolres berharap hasilnya tidak ada persoalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00