Perkuat Tanggul Sungai, Relawan, Kodim dan Polres Klaten Tanam Vetiver

Ratusan relawan TNI/Polri menanam tanaman vetiver di Cawas Klaten.jpg
Gerakan penyelamatan lingkungan Tanggul Sungai Dengkeng di Cawas Klaten.jpg

KBRN, Klaten: Gerakan Penanaman vetiver (akar wangi) yang berlangsung di salah satu tanggul Sungai Dengkeng Desa Paseban Bayat Klaten merupakan  upaya pencegahan terhadap tanggul longsor. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai unsur seperti jajaran Kodim Klaten, Polres Klaten dan dari para relawan. 

Damdim Klaten Letkol Minarso mengatakan, Sungai Dengkeng memang terdapat banyak titik yang  tanggulnya perlu mendaptkan perhatian. Upaya yang dilakukan dengan melakukan gerakan penanaman vetiver.

"Penanaman vetever tersebut merupakan salah satu peduli bencana alam, mengingat Sungai Dengkeng sering longsor yang menyebabkan banjir. Untuk itu perlu dilakukan penanaman vetiver dilokasi yang dimungkinkan rawan tanggul longsor," ungkap Damdim Klaten Letkol Minarso Jumat (15/5/2020) sore ditanggul Sungai Dengkeng Paseban Bayat. 

Gerakan penanaman vetiver itu sepanjang kurang lebih 250 meter dengan menghabiskan lebih dari 800 tunas vetiver. Gerakan penanaman masih akan dilakukan di lokasi tanggul Sungai Dengkeng yang rawan longsor atau  sungai lain yang terjadi tanggul jebol. 

"Kita akan terus lakukan penanaman vetiver tertama di wilayah Cawas yang sering terjadi tanggul jebol," imbuhnya. 

Harapannya dengan gerakan penanaman vetiver tersebut tanggul sungai tidak longsor lagi, sehingga bencana banjir  dapat diminimalisir.

Sekretaris Sekolah Sungai Klaten Arif Fuad mengatakan, sebenarnya sejumlah tiitik di Sungai Dengkeng sudah dilakukan normalisasi namun akan lebih kuat bila dilakukan penanaman vetiver tesebut. Tanaman jenis ini  mempunyai akar yang panjang sehingga dapat  mengikat tanah. "Tanggul menjadi kuat tidak mudah terkikis," tandasnya. 

Turut hadir dalam gerakan penyelamatan lingkungan khsusnya tanggul sungai tersebut selain Dandim Klaten juga hadir Wakapolres Klaten kompol Adi Nugroho. Ketua Sekolah Sungai yang juga Sekretaris Daerah Klaten Joko Sawaldi serta Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo dan para relawan klaten. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00