Jalur Evakuasi Rusak, Warga Lereng Merapi Jalan Segera Diperbaiki

KBRN, Klaten:Jalan kabupaten Klaten yang juga sebagai jalur utama evakuasi bahaya Merapi di desa Tangkil Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten  kini semakin memprihatinkan. Kerusakan jalan yang sudah berlangsung sejak tahun 2017 itu  dengan panjang lebih dari lima kilo meter.

Kepala Desa Tangkil Setuyono kepada RRI mengatakan selain sudah cukup lama tidak ada perbaikan juga kerusakan jalan tersebut dipicu tingginya lalu lintas galian c. Kendaraan sepeda motor ataupun roda empat cukup kesulitan jika melewati jalur tersebut karena jalan sudah tergerus dan berlobang-lobang yang cukup membahayakan bagi para pengendara.

“Rusaknya sudah lama mas dari tahun 2017. Itu panjangnya dari Desa  Tangkil  paling utara sampai perbatasan dengan Karangnongko kurang lebih tujuh kilo,” ungkap Kepala Desa Tangkil Setiyono kepada RRI Sabtu (2/7/2022).

Jika musim hujan jalan tersebut  banyak kubangan air. Sedangkan saat musim kemarau  jika ada kendaraan lewat akan menimbulkan debu dan masuk kerumah-rumah warga.

Sementara salah seorang warga Tegalmulyo Kemalang  Subur mengku merasa prihatin dengan kondisi jalan tersebut. Mengingat pentingnya  jalan tersebut bagi warga mereka berharap agar pemerintah untuk segera memperbaiki jalan tersebut. Harapannya lalu lintas  masyarakat semakin lancar.

“Harapannya bagi masyarakat jalan itu segera diperbaiki karena pentingnya jalan itu bagi masyarakat lereng Merapi,” jelas Subur.

Subur  menambahkan, Jalan ini dinilai mempunyai fungsi penting bagi masyarakat Tegalmulyo selain sebagai jalur utama evakuasi, juga  sebagai jalur perekonomian, dan  pendidikan. Adam Sutanto/arga

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar