6 Kelompok Relawan Karanganyar Terima Bantuan Hibah Senilai 240 Juta

Penyerahan simbolis bantuan relawan Istimewa (dok: BPBD Karanganyar)

KBRN, Karanganyar: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menyerahkan bantuan dana hibah bagi 6 kelompok relawan di Karanganyar dengan total bantuan senilai 240 juta rupiah.

Penyerahan bantuan dana hibad diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar kepada 6 perwakilan relawan, di aula gedung BPBD Karanganyar, Senin (27/6/22).

Dikonfirmasi RRI, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan, pemberian dana hibah itu berasal dari pengajuan permintaan permintaan relawan di tahun 2021 lalu. Kemudian baru terealisasi pada tahun 2022 ini.

"Awalnya memang pengajual proposal. Pengajuan tahun 2022, tapi baru terealisasi penetapan 2022. Bentuk uang tunai, sesuai dengan proposal pengajuan," jelas Bagoes.

Dikatakan Bagoes, 6 kelompok relawan penerima bantuan diantaranya relawan Potlot kecamatan Tasikmadu, Realita Tawangmangu, Sejuk Jumantono, Relindo Karanganyar, dan Reco jenawi. 

"Pemanfaatan dana hibahnya ya mulai dari pembeliang perlengkapan relawan hingga pembenahan posko," katanya.

Bagoes mengatakan, bantuan ini juga sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para relawan. Mengingat, relawan merupakan ujung tombang dalam penanganan berbagai permasalahan di daerah masing-masing baik peristiwa bencana maupun lainnya.

"Harapan, dimanfaatkan dengan baik, agar lebih terfokus ke pekerjaan atau relawanannya, menambah semangat dan terpacu , dan ini bentuk kepedulian pemerintah terhadap relawan, karena dengan adanya relawan, pemerintah sangat terbantu," paparnya.

Lebih lanjut, Bagoes menambahkan, hingga saat ini masih terdapat 1 proposal pengajuan yang diterima BPBD Karanganyar.

"Rencananya proposal akan kita ajukan pada perubahan anggaran tahun 2022, tapi belum tau terealisasi tahun ini ataupun tahun depan," ujarnya.

Senada itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyebut, pemberian bantuan ini diharapkan bisa meningatakan kapasitas para relawan dalam mengatasi permasalahan khususnya bencana di daerah masing-masing.

"Kita harapkan para relawan lebih bisa membantu kinerja pemerintah daerah khususnya bagi BPBD Karanganyar," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar