Longsor di Jenawi, 1 Rumah Nyaris Tertimpa Material Longsor

Lokasi longsor di Balong, Jenawi Istimewa (dok: BPBD Karanganyar)

KBRN, Surakarta: Peristiwa bencana alam longsor kembali terjadi di Kabupaten Karanganyar. Sebuah tebing setinggi 10 meter di dusun Gunungngaten, Desa Balong, Kecamatan Jenawi, Karanganyar longsor pada minggu (26/6/22) malam.

Akibatnya, 1 rumah warga nyaris tertimpa material longsor lantaran tepat berada di bawah tebing.

Dikonfirmasi RRI, Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan, kejadian longsor tersebut terjadi pada sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu, pemilik rumah yang hampir menjadi korban material longsor tengah tertidur pulas.

"Itu kejadian malam, pemilik rumah sedang tidur istirahat, terus kaget denger suara gemuruh longsor itu, untuk tidak sampek terkena rumah," paparnya kepada RRI. 

Bagoes menegaskan, tidak terdapat korban jiwa dari kejadian tersebut. Pihaknya telah menerjunkan personil untuk membantu melakukan evakuasi material tanah bersama dengan warga setempat.

"Tidak ada korban jiwa, selamat semua. Kita sudah kirim tim untuk bantu gorongroyong membersihkan material," katanya.

Ditambahkan Bagoes, tindakan antisipasi sementara, lokasi tebing longsor akan di buat terasering dan ditanamani rumput vetiver guna memperkuat struktur tanah.

"Sudah Koordinasi sama relawan setempat, mau dibuat terasering, dan ditanaman rumput akar wangi atau vetiver, karena itu di bawah rumahnya berjarak," ungkapnya.

Kalakhar menambahkan, warga dihimbau agar lebih waspada ditengah cuaca ekstrim dan tidak menentu saat ini, sehingga dapat mencegah terjadinya bencana maupun korban jiwa akibat bencana.

"Kita himbau, karena cuaca masih ekstrim, dan ini kan gak menentu ya, warga harus tetap waspada dengan segala kemungkinan," tegasnya. 

Semenata itu, Koordinator Sukarelawan Jenawi, Kris Bintoro mengatakan, diduga, penyebab terjadinya longsor akibat hujan deras yang mengguyur wilayah kecamatan Jenawi. Secara umum, kondisi rumah yang hampir tertimpa material longsor dalam kondiai baik namun hanya tersapat retakan di beberapa sisi rumah.

"Pnghuni rumah sempat diungsikan sementara ke lokasi yang lebih aman. Tapi sekarang ini gak mengungsi, kalo hujan aja ngungsinya," tegasnya.

Kris menambahkan, relawan bersama dengan warga serta pihak terkait akan melakukan kerja bakti pembersihan material longsor.

"Ya kerja bakti, bantu bersih-bersih tanah yang longsor," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar