Pasca Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung, Warga Wonorejo Gotong Royong Perbaiki Kerusakan

KBRN, Karanganyar: Puluhan warga desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar bersama dengan relawan gotong royong benahi rumah rusak terdampak angin puting beliung.

Dengan menggunakan alat seadanya, masyarakat dan relawan bahu membahu memasang atap rumah maupun membersihkan puing-puing rumah yang jatuh terdampak angin puting beliung. 

Sebagai informasi, angin puting beliung telah menerjang desa wonorejo, kecamatan jatiyoso karanganyar, pada, Jumat (21/1/22) sore, sekira pukul 16.30. dampaknya  puluhan rumah didesa tersebut rusak berat dan ringan. 

Kepala desa Wonorejo, Sularno saat dikonfirmasi RRI mengatakan, ada sekitar 30 lebih rumah di 2 dusun mengalami kerusakan.

Untuk dusun Nologadung terdapat 28 rumah rusak, dengan rincian 6 rusak parah dan 22 rusak ringan. 

"Untuk yang di dusun Gondang terdapat 2 rumah dengan kondisi 1 roboh dan 1 rusak ringan," imbuhnya. 

Dikatakan Sularno, rata-rata kerusakan pada atap rumah yang terbang akibat angin puting beliung.  Namun sularno memastikan tidak terdapat korban jiwa dari kejadian tersebut. 

"Gak ada korban jiwa, tadi dari relawan sama masyarakat sudah gotong royong pembersihan dan perbaikan rumah rusak. Diperkirakan perbaikan rumah rusak sehari ini sampek sore selesai," ungkapnya.

Sementara itu, Dikonfirmasi terpisah Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan, untuk sementara pihaknya telah memberikan bantuan logistik kepada korban terdampak puting beliung. 

"Kita sudah inventarisasi dan verifikasi kerusakan, nanti kita akan ajukan bantuan ke pemerintah daerah, pak bupati, untuk pemberian bantuan dana sosial dampak bencana," ujarnya.

Lebih lanjut, Bagoes menghimbau masyarakat agar tetap waspada di masa jelang peralihan musim saat ini. 

Diperkirakan kondisi cuaca tidak menentu masih akan terjadi hingga awal bulan maret mendatang. 

"Kami himbau agar masyarakat tetep waspada, juga melakukan pemangkasan ranting pohon yang berpotensi roboh untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar