FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Pelaku Pembuangan Limbah Di Sungai Ngreden Susah Ditemukan, DLHK Tes Pencemaran Sungai

KBRN, Klaten : Dugaan adanya orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuang limbah cair di Sungai wilayah Ngreden Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten menjadi perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK Kabupaten Klaten.

DLHK Klaten menerjunkan tim ke lokasi untuk mencari informasi dari masyarakat, Jumat (17/9/2021.). Tak hanya itu juga melakukan pengambilan sampel air di sungai Ngreden sebagai lokasi pembuangan yang diduga limbah. 

Saat memimpin tim DLHK Klaten Kepala Bidang ( Kabid ) Pengendalian dan Pencemaran  Dwi Haryono mengatakan, saat tim berada di lokasi air yang sebelumnya berwarna merah sudah tidak ada atau tidak terlihat lagi. Kejadian itu hanya berlangsung kurang lebih dua jam  setelah itu air normal kembali.

“Sudah kena arus air sehingga kita mau mengambil air  itu ya percuma kami juga melihat videonya,” ungkap Dwi Haryono kepada RRI.

Untuk mendapatkan barang bukti sudah tidak ada lagi maka pihaknya juga meminta keterangan dari warga terkait adanya dugaan pembuangan limbah tersebut.

Dari keterangan yang diperoleh, saat peristiwa itu terjadi warga melihat mobil boks berada di lokasi itu, namun tidak jelas sedang dicuci atau membuang sesuatu.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan,  jika ada sesuatu yang mencurigakan untuk segera melaporkan ke instansi terkait.

Kepala Desa Ngreden Sunarto kepada wartawan sebelumnya mengatakan dirinya sudah mendapatkan laporan dari warga bahwa air sungai di lokasi itu berwarna merah. Kejadian  tersebut baru pertama kali terjadi.

“Mungkin ada home industri atau apa mencuci di sungai sehingga efeknya menjadi merah," katanya. 

Dikatakan jika yang dibuang itu bahan kimia akan dapat mempengaruhi tanaman milik petani.  ( Adam Sutanto / WW )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00