Kapasitas tempat tidur khusus pasien covid 19 di Karanganyar naik, hingga capai 58 persen

KBRN, Karanganyar: Seiring bertambahnya kasus covid 19 di Karanganyar, Kapasitas tempat tidur (TT) pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan di Kabupaten Karanganyar ikut mengalami peningkatan, bahkan kini mencapai 58 persen. 

Padahal sebelumnya, berdasarkan data Dinas Kesehatan Karanganyar, kapasitas rumah sakit rujukan di wilayah Kabupaten Karanganyar sebesar 42 persen, itupun setelah adanya penambahan TT di dua rumah sakit rujukan lini tiga. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati menyampaikan, setelah adanya penambahan, total tempat tidur khusus di delapan rumah sakit rujukan 300 TT. Jumlah tersebut merupakan keseluruhan TT di rumah sakit Lini 2 dan 3.

Adapun dikatakan purwati Dari delapan rumah sakit rujukan yang terdiri dari RSUD Karanganyar, PKU Muhammadiyah, Jati Husada, Indo Sehat, Mojosongo 2.

"Rumah sakit lainnya itu, RSAU dr Siswanto Lanud Adi Soemarmo, Jafar Medika dan Dian Pertiwi, baru ada dua rumah sakit yang sudah menambah jumlah TT pasien Covid-19," jelas Purwati kepada wartawan, Rabu (23/6/21).

Ditambahkan Purwati, dua rumah sakit yang telah menambah TT pasien covid 19 yakni Jati Husada dan PKU Muhammadiyah.

" Untuk RSUD Karanganyar yanh merupakan rumah sakit rujukan lini dua masih dalam tahap persiapan," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang layanan kesehatan, dinas kesehatan karanganyar, Dwi Rusharyati menuturkan, tidak semua warga menjalani perawatan di rumah sakit rujukan wilayah Kabupaten Karanganyar. 

"Terutama warga yang tinggal di Colomadu dan Gondangrejo kebanyakan memilih menjalani perawatan di rumah sakit wilayah Kota Solo karena lebih dekat," bebernya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar per hari Selasa,  (22/6/2021), tercatat ada sebanyak 918 kasus aktif positif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar. Dari jumlah itu 268 orang menjalani rawat inap dan 650 orang menjalani isolasi mandiri. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00