Sempat Divaksin 2 Kali, Kepala Dinas di Karanganyar Positif Covid 19

KBRN, Karanganyar: Kepala dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disdagnakerkop) Karanganyar, Martadi, terkonfirmasi Positif Covid 19. Saat ini, Martadi tengah menjalani isolasi mandiri lantaran masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupate (DKK) Karanganyar, Purwati, menjelaskan, Kepala Disdagnakerkop UKM, Martadi, terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (17/4/2021), setelah sempat menjalani tes swab PCR Covid-19 pada Jumat (16/4/2021). Diduga, Martadi tertular dari istrinya yang saat ini tengah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Karanganyar.

"Ya, itu swabnya jumat, keluarnya sabtu, iya beliau tanpa gejala, memang dari istrinya, katanya itu, istrinya habis dari Solo," jelasnya saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/4/21).

Dikatakan Purwati, pihaknya telah melakukan tracing kontak erat terhadap 18 pegawai di lingkungan kantor Disdagnakerkop, dengan hasil 3 pegawai terkonfirmasi positif. Mereka sudah diminta isolasi mandiri karena juga masuk kategori OTG.

"Sudah kami tracing kontak eratnya, 18 orang, hasilnya 3 orang positif, mereka isoma," jelasnya.

Selain itu, saat disinggung mengenai Kepala Disdagnakerkop sudah menerima Vaksin Covid 19, Purwati membenarkan pernyataan tersebut. Menurutnya, Martadi sudah menerima vaksin dosis kedua bersamaan dengan sejumlah pejabat pemkab Karanganyar beberapa waktu lalu.

"Iya pokoknya vaksin ke 2 sudah, saya agak lupa, keliatanya dia masih ikut interval 14 hari deh, yang dulu bereng sama kepala dinas lain," paparnya.

Namun, Purwati mengungkapkan, kendati sudah mendapat vaksin, namun tidak dapat menjadi jaminan seseorang tidak tertular covid 19, hanya meringankan efek yang ditimbulkan dari virus covid 19.

"Jadi kan begini, semua itu, kalo pun sudah di vaksin, tapi masih tetep bisa ter papar, cuman gejalanya tidak berat," tuturnya.

Lebih lanjut, Purwati menghimbau, agar masyarakat yang sudah menerima vaksin covid 19, tetap menjalankan Protokol Kesehatan agar tetap terjaga dari penularan virus covid 19.

"Walupun, sudah divaksin tetep saja masyarakat harus prokes, itu kan sudah berkali-kali saya katakan itu," bebernya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Disdagnakerkop Karanganyar, Herawati mengungkapkan, sterilisasi kantor Disdagnakerkop secara menyeluruh melalui penyemprotan desinfektan sudah dilakukan satgaas covid karanganyar.

"Sudah, dari tim satgas melakukan penyemprotan di gedung kantor, langsung setelah diketahui ada yang positif," katanya.

Selain itu, Herawati memastikan, operasional pelayanan kantor Disdagnakerkop Karanganyar tetap beroperasi seperti biasa, sehingga Masyarakat masih dapat menerima pelayanan di kantor.

"Tidak ditutup, operasional tetap berjalan, kita kan pelayanan, apa lagi ada layanan bantuan UMKM itu, kan kasihan kalo ditutup," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00