Kodim 0735 Surakarta Gelar Virtual Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif Creavest 2020

KBRN, Surakarta: Di tengah pandemi saat ini, sebuah Kolaborasi Pertunjukan Virtual Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif akan hadir di Kota Solo. Kegiatan yang diprakarsai oleh KODIM 0735 Surakarta ini akan menampilkan pertunjukan seni dari sanggar serta komunitas seni se-Solo Raya dan ajang ruang pamer hasil produk ekonomi lokal pilihan secara virtual.

Komandan KODIM 0735 Surakarta Letkol Infantri Wiyata S.Aji SE, MDS usai konferensi pers di markas KODIM 0735 Kota Surakarta mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dari Komunikasi Sosial-Komsos Kreatif TNI dengan masyarakat yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah mengembangkan potensi lokalnya.

”Kita melihat bahwa di pandemi ini peluang kegiatan2 yang sifatnya virtual seperti ini sangat bagus, kita juga mendorong pada seni budaya itu tetap eksis, dan lebih kreatif lagi," jelas Komandan KODIM 0735 Surakarta Letkol Infantri Wiyata S.Aji, Selasa (27/10/20).

Ditegaskan Wiyata Aji, di tengah pandemi diperlukan kreatifitas dan inovasi lebih untuk bisa mengembangkan potensi lokal ini. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Creavest ini agar seni budaya tetap eksis dan UMKM juga bisa menjadi lebih besar, karena potensi UMKM Kota Solo juga sangat bagus.

"UMKM yang sekarang menjadi sorotan banyak pihak karena memang UMKM menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, jadi harapannya UMKM juga bisa besar dan Solo potensi UMKM nya sangat bagus,” ungkapnya.

Creavest 2020 yang akan digelar Sabtu 31 Oktober mendatang mulai pukul 18.30 sampai 21.00 mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Kota Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solo Hasta Gunawan saat dikonfirmasi di tempat yang sama mengatakan, kegiatan ini setidaknya bisa mempertahankan branding Solo sebagai Kota Budaya dan Kota yang kreatif.

”Paling tidak kami berada di branding ya bahwa Solo adalah Kota Budaya, Kota yang kreatif, Kota yang aman, kota yang berkolaborasi untuk menjadikan Solo itu seperti ini yaitu Solo Tangguh,” jelasnya.

Adapun, selain 8 sanggar tari Nusantara, event Creavest 2020 diikuti pula oleh 18 UMKM yang terdiri dari food, fashion, craft dan 6 Komunitas yang bergerak di bidang sosial. Event ini juga didukung beberapa destinasi pariwisata Kota Solo seperti Museum Monumen Pers, Ndalem Gondosuli dan Kampung Joho. Gono/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00