Ayo Nonton Wayang Orang Sriwedari

Pagelaran wayang orang sriwedari

KBRN, Surakarta : Masyarakat kini sudah bisa menonton kembali wayang orang Sriwedari  Surakarta di tengah Pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan.  Para wakil rakyat  Komisi IV DPRD Kota Surakarta bahkan secara spontan menyaksikan pertunjukan seni tradisi tersebut di era pandemi, berbaur dengan penonton lain.  Mereka  terlihat sangat terhibur melihat aksi para seniman seniwati yang malam itu menyuguhkan cerita “ Bambang Angin-Angin”.

 Ketua Komisi IV Putut Gunawan berkomitmen akan menggairahkan kembali minat masyarat untuk melihat Wayang Orang. Secara pribadi akan mendorong berbagai komunitas untuk menonton setiap Jumat  minggu terakhir tiap bulan. Harapannya  anggota Dewan yang lain juga melakukan hal serupa melalui jaringan masing-masing. Politisi PDI Perjuangan ini menginginkan agar masyarakat tidak terjebak pada Slogan Solo Kota Budaya, namun dinamika budaya tradisional justru dilupakan .

“Saya sudah berencana setiap malam Jumat terakhir setiap bulan dorong komunitas untuk nonton, itu agenda pribadi. Juga menghimpun jaringan yg diketuk untuk kembali menggaungkan inguk-inguk wayang orang Sriweari agar tidak terjebak hanya pada slogan kota budaya namun dinamika budaya tradisonal kita dilupakan, “ kata Putut Gunawan di sela-sela menyaksikan pentas WO Sriwedari Kamis (13/8/2020)

Koordinator  Wayang Orang Sriwedari Agus Prasetyo menyatakan, Upaya untuk menggairahkan kembali minat warga untuk bisa menonton wayang orang juga terus dilakukan para pengelola melalui berbagai cara. Sejak pentas kembali mulai bulan Juni lalu, warga sudah memberikan respon yang bagus. Rata-rata tiap pentas 50 % dari kapasitas kursi yang disediakan, Jika malam minggu bisa mencapai 70 %.

“Penonton bagus sejak Juni kita bagus apresiasi bagus. Dari medsos banyak  info masyarakat yang menyatakan  pingen bisa nonton langsung. Kami tampung dan saat pentas  kita share melalui medsos seperti IG dan lainnya, “ ungkap Agus Pras.

Selama masa Pandemi ini warga bisa menyaksikan pentas wayang orang Sriwedari 3 kali dalam seminggu setiap Kamis, Jumat dan Sabtu mulai pukul 8 malam. Protokol kesehatan dilakukan dengan cuci tangan, penyedian hand sanitazer, pemeriksaan suhu tubuh dengan termogun bagi penonton maupun pemain. Sementara untuk penempatan kursi penonton juga ditata ulang dengan menjaga jarak. (Wiwid)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00