Desa Kepurun Manisrenggo Kabupaten Klaten Diduga Ada Peninggalan Mataram Kuno

Warga desa kepurun bersihkan salah satu temuan arca diduga peninggalan mataram kuno

KBRN, Klaten: Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo Klaten diyakini banyak menyimpan peninggalan masa Kerajaan Mataram Kuno. Pasalnya, banyak temuan benda kuno bersejarah di desa itu.

Salah satu arca yang kini masih berada di desa tersebut, yakni arca Ganesha  yang disimpan dirumah mantan Kepala Desa  Kepurun.

"Temannya banyak selatan KPI itu ada patung Sapi, dikemuning itu patung Dewa Siwa yang sendangnya agak angker, selatan kampung juga ada patung Durga kalau ga Kendedes," ungkap Raharjo salah satu putra mantan Kepala Desa Kepurun hari Sabtu (8/8/2020) kepada wartawan. 

Raharjo mengatakan arca Ganesha  itu pernah menghilang dan kemudian berada di tangan salah satu kolektor di Jawa Barat. Arca itu sudah berada di Kepurun setelah dicoba ditelusuri oleh ayahnya  dan sudah ada di Kepurun hingga saat ini.

"Sekitar tahun 1984 patung Ganesha  itu dicuri, setelah  beberapa minggu ditelusuri ketemu di Bogor Jawa Barat. Itu Ceritanya mau dibawa ke luar negeri  bisa milyaran kalau dilelang  karena ini asli. Saat itu yang hilang empat kalau ga salah," tandasnya. 

Sedangkan Humas Klaten Haritage  Community Heri  kepada RRI mengatakan secara umum diwilayah Desa kepurun itu ada khusus pemukiman yang diperkirakan dari masyarakat Hindu pada masa ataram kuno. Hal itu terbukti dengan temuan arkeologi  dari sebuah Yoni dan Arca Ganesha di yang ada disalah satu warga tersebut. 

Selain itu juga disebuah tanah kas desa terdapat  batu-batu candi yang sebagian masih terpendam, diduga itu masih satu bagian dengan arca ganesha tersebut serta  pernah ditemukan arca nandi yang sekarang dikeramatkan.

"Berarti disana ada komunitas masyarakat kuno yang beraliran hindu, ditambah lagi diselatan Desa Kepurun, tepatnya di Desa Kranggan dukuh Gosutan pernah ditemukan sebuah prasati dari batu. Tidak ada tahunnya  namun dari jenis hurufnya pada pemerintahan Rakekayuwangi," ungkap Heri.

Dikatakan, sangat dimungkinkan disekitar Kepuran hingga Nangsri terdapat komplek permukiman yang besar setingkat Kecamatan. (Desk: Arga) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00