Melukis Bersama, Seniman Lukis Klaten Bangkit dari Keterpurukan

KBRN,Klaten: Puluhan seniman lukis yang tergabung dalam Paguyuban Seni Rupa Klaten (Pasren) mencoba bangkit di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan melukis bersama di tepi kolam Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes Minggu (12/7/2020).

Ketua Pasren Klaten Karang Sasangka mengatakan kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan sejak bulan Februari lalu setelah adanya wabah virus corona. Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi bagi para seniman lukis Klaten, akan tetapi mendorong bangkitnya para seniman secara ekonomi.

"Kegiatan ini diharapkan sebagai kebangkitan para seniman lukis dari keterpurukan," kata Karang Sasangka.

Karang menjelaskan, jika hasil karya lukisan senirupa tidak dilirik sama sekali di tengah pandemi Covid-19. Padahal sebelum ada virus korona selalu terjual satu hingga dua karya setiap bulannya. Praktis tidak ada pemasukan sama sekali ke senirupawan selama beberapa bulan ini.

Pihaknya bertekad untuk membangkitkan kembali seni lukis di Klaten meskipun harus beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19. Selain kegiatan melukis bersama juga akan menggelar pameran secara virtual.  Ditambahkn pula untuk kegiatan ini pihaknya juga mendaptkan suntikan dari APBD Klaten senilai Rp 75 juta.

"Meskipun kegiatan pameran virtual itu dinilai kurang memberikan kepuasan sepenuhnya untuk pengunjung nantinya, namun hal itu langkah yang baik," tandasnya.

Ketua Harian Dewan Kesenian (Wankes) Klaten, FX Setyawan menambahkan dari pendataan yang dilakukan untuk seniman di Klaten yang terdampak Covid-19 terdapat 1.047 orang. Dari jumlah tersebut yang sudah mendapatkan bantuan terdapat 720 orang. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00