Pandemi Covid 19, Seniman Klaten Gelar Pertunjukan Virtual

Seniman tari dari Klaten gelar Pertunjukan Virtual di tengah Pandemi Covid-19.
Pertunjukan seni tari di alam bebas yang dilakukan seniman Klaten.

KBRN, Klaten: Belasan penari Klaten menggelar pementasan secara virtual di Kecamatan Gantiwarno dan Gunungkidul. Kegiatan budaya tersebut merupakan upaya  dari para seniman Klaten untuk dapat melestarikan seni budaya tradisional, walau di tengah Pandemi Covid-19.

Para seniman tari memang sudah cukup lama berhenti atau tidak tampil karena dampak wabah covid 19. Gelaran seni tanpa penonton langsung itu digelar di tempat terbuka dengan mengambil lokasi Gedangsari di wilayah Kabupaten Gunungkidul dan Bometen Kecamatan Gantiwarno Klaten.

Lenggak-lenggok tarian tersebut menceritakan tentang munculnya wabah corona, masa pandemi hingga memasuki tatanan kehidupan baru. Mereka tampil secara totalitas walaupun tanpa penonton seperti layaknya di panggung. 

"Kami cukup senang dapat mengungkapkan ekspresi di tempat yang terbuka baik yang di Gantiwarno maupun di Gedangsari Gunungkidul semua luar biasa. Kami dapat bermain secara totalitas sesuai dengan harapan acara virtual," ungkap Jumbling kepada RRI Minggu (5/7/2020).

Hal yang sama juga diungkapkan penari lain Ayun Winarni. Walaupun sudah tidak muda lagi, namun semangat untuk menggerakkan kaki, tangan dan tubuh dilakukan secara maksimal.

"Menari secara virtual merupakan pengalaman pertama bagi saya.Awalnya berekspresi mengatasi kerinduan tentang gerak tari. Dari kegiatan yang kita lakukan banyak yang kita dapatkan. Ini pertama kali mengadakan kegiatan secara virtual," katanya. 

Catatan bagi dirinya pada gelaran tari lintas usia itu sangat berkesan di tengah Covid-19 sekarang ini. Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan pengobat rindu para seniman Klaten yang sudah lama berhenti dampak dari Corona.  Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00