Peringatan 274 Tahun Sragen di Tengah Pandemi Berlangsung Sederhana

KBRN,Sragen: Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 274 diperingati secara sederhana dengan upacara dengan tata cara Bahasa Jawa dan berlangsung dengan protokol covid-19. di tengah keprihatinan wabah korona, Sragen mempersiapkan hidup normal.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-274  yang jatuh pada Rabu (27/5/2020) digelar dengan suasana berbeda dari tahun sebelumnya. Karena pada saat ini terjadi pademi wabah Covid-19.

Namun Upacara peringatan tetap berlangsung dengan menerapkan protokol covid-19. Upacara dipimpin Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di alun-alun Sasono Langen Putro kabupaten Sragen.

Seluruh peserta upacara berpakaian lurik dan upacara dilaksanakan dengan menggunakan tata cara dan bahasa jawa. Bupati menjadi pembina upacara, sementara bertindak sebagai pemimpin upacara yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto.

Tampak hadir Ketua DPRD Sragen Suparno, Kapolres Sragen AKBP Raphael Sandhy Cahya Priambodo, Dandim 0735 Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto, Danyon 408 Raider Suhbrasta Letkol Yefta Sangkakala dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen.

Salah satu yang disampaikan Bupati yakni Pemerintah Kabupaten Sragen sudah ancang-ancang untuk membuat sejumlah kebijakan menyusul rencana hidup new normal paska pandemi Korona Juni mendatang. Salah satu poin kebijakan tentang sistem pendidikan. Yuni menegaskan bahwa status kedaruratan Sragen belum bisa dicabut, karena kasus Covid 19 masih naik turun.

"Status kedaruratan masih terus belum bisa kita cabut. Semoga saja apa yang didengungkan Pemerntah Pusat the new normal maka hal baik yang sudah dilakukan seperti jaga jarak, cuci tangan tetap dijalankan," bebernya.

Sementara Ketua DPRD Sragen Suparno optimis sikap masyarakat untuk dapat menjalani new normal. Suparno menganggap warga sudah bisa berdamai secara wajar atas terjadinya pandemi covid-19 kali ini.

”Kita harap warga segera bangkit lagi. Saya yakin warga sudah faham dengan keadaan ini, dan tentu bisa menyesuaikan dengan kenormalan baru atau new normal,” tandas Suparno.

Hari Jadi Kabupaten Sragen ke 274 diperingati secara sederhana, tak hanya upacara dengan peserta terbatas. Selasa (26/5/2020) malam, juga dilangsungkan tirakatan secara virtual dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00