Tak Sekedar Monumen, Walikota Solo Ingin Pemerintah Pusat Beri Penghargaan Nasional Kepada Didi Kempot

Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo saat memberikan keterangan pers

KBRN, Surakarta: Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengusulkan agar Pemerintah Pusat memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Almarhum Didi Kempot. Almarhum Didi Prasetya itu dinilai patut menerima penghargaan nasional, tidak hanya dibidang musik namun juga jiwa sosialnya untuk negara.

Oleh sebab itu, FX Rudyatmo mengusulkan pembuatan monumen untuk mengenang seniman musik Didi Kempot yang berpulang pada Sabtu (5/5/2020) silam. Namun demikian Rudy menginginkan agar penghargaan itu kelasnya nasional.

"Mengingat karyanya yang dinikmati seluruh lapisan masyarakat, terlebih jiwa sosialnya yang tak diragukan lagi," ungkap Rudy saat ditemui di Balaikota Surakarta, Senin (11/5/2020).

Rudy mengatakan, setuju dengan usuluan penggemar Didi Kempot untuk dibuatkan monumen. Rudyatmo juga sepakat untuk monumen dipasang di aset Pemkot karena proses perizinan akan lebih cepat. 

"Kalaupun dipasang di Aset Pemerintah Pusat atau BUMN baik di Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi di Lokananta saya juga setuju. Hanya saja perlu koordinasi dengan pihak BUMN atau pemerintah Pusat," jelas Rudyatmo.

Pria yang akrab disapa Rudy ini, juga mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memberikan penghargaan kepada maestro musik campursari ini. Sebab, Rudy menilai, jika hanya membuatkan monumen, penghargaan tersebut terasa kurang.

"Didi Kempot mengumpulkan dana 3 jam Rp 5 miliar lebih. Itu luar biasa dan baru kali ini seniman yang bisa mengumpulkan dana dalam waktu tiga jam, dan setelah diperpanjang mencapai Rp 7,6 miliar. Dan ini yang perlu diberi penghagaan, jangan hanya lokal. Negara memberikan penghargaan kepada almarhum didi kempot sebagai musisi apa yang menerima keluarga," pintanya.

Menurut Rudy, seniman sekelas Didi Kempot perlu mendapatkan penghargaan ini. Sebab Didi Kempot bukan penyanyi dan pencipta lagu yang kelasnya lokal, melainkan sudah berkelas internasional. 

Untuk itu pihaknya akan mengirimkan surat kepada Kementerian Sosial agar memberikan penghargaan kepada Didi Kempot yang menurut Rudy talentanya luar biasa. Namun untuk merealisasikannya tentunya perlu dibuat rancangannya terlebih dahulu. "Termasuk untuk petisi yang diperlukan sebelum dibuatkan monumen," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00