FOKUS: #IKN

13 Grup Paduan Suara Mahasiswa Ikuti Lomba PSM RRI Surakarta, Ajang Soliditas dan Sportivitas

KBRN, Surakarta: Sejumlah 13 grup Paduan Suara Mahasiswa (PSM) mengikuti lomba paduan suara LPP RRI Surakarta 2022. Hari ini Kamis 11 Agustus 2022, kualitas suara dan kekompakan panduan suara tersebut, diuji oleh tiga anggota dewan juri. 

Lomba Paduan Suara Mahasiswa LPP RRI Surakarta tak hanya soal siapa yang menang. Tetapi menjadi ajang adu gengsi antar perguruan tinggi. Selain itu lomba ini juga memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah. 

Lomba paduan suara dibuka Kepala Stasiun RRI Surakarta Atik Hindari, SH, di Auditorium Sarsito Mangun Kusumo RRI. Usai pembukaan dilanjutkan dengan perlombaan. Di mana setiap peserta harus membawakan lagu wajib Mars RRI dan satu lagu bebas.

Atik Hindari menyampaikan, paduan suara salah satu budaya Nusantara. RRI sebagai lembaga penyiaran publik sekaligus rumah rakyat Indonesia konsisten dalam pelestarian seni budaya. Salah satunya melalui ajang kompetisi paduan suara ini.

"Ini (Lomba PSM-) ajang soliditas, sportivitas yang ujungnya menghasilkan keharmonisan dalam berinteraksi sesama mahasiswa," ungkap Atik dalam sambutan pembukaan lomba PSM.

Dalam kesempatan ini pihaknya mengapresiasi Tim Kreatif Kamar Event 51 yang menyelenggarakan kegiatan ini. Termasuk seluruh sponsor yang telah mendukung dari lomba paduan suara mahasiswa RRI Surakarta 2022. 

"Tidak lupa kepada perguruan tinggi yang mengikuti lomba hari ini. Saya berpesan dewan juri untuk melakukan tugas secara obyektif dan profesional, untuk mendapatkan juara yang benar-benar juara," tandasnya.

Adapun tiga dewan juri di lomba paduan suara kali ini meliputi, Arga Rakasiwi salah satu konduktor muda Indonesia. Arga lulusan S1 Pendidikan Seni Musik dan sedang menempuh S3 Ilmu Pendidikan Seni di UNY. 

Kemudian juri kedua Jefry Franklin Bode, pelatih paduan suara dan pengaba. Jefry besar bermula dari anggota Paduan Suara Mahasiswa Undip 2005 hingga menjadi pelatih vokal dengan segudang prestasi. 

Sedangkan juri ketiga Redi Saptono, S.Sn yang keseharian sebagai pengajar vokal Yamaha Music School. Selain itu juga pelatih vokal grup dan paduan suara sekolah maupun PSM. Redi juga berprofesi sebagai penyiar radio. 

Sementara itu dari 13 peserta PSM tersebut meliputi:

1. Aurea Voce dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

2. Duta Voice dari Universitas Duta Bangsa

3. Paramida dari STIKES Mitra Husada

4. Genta Dikara Pignatelli Choir dari Universitas Pignatelli 

5. Talenta Choir dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri). 

6. Voces Ikasia dari Universitas Sebelas Maret UNS 1

7. PSM IIM dari Universitas Mamba'ul Ulum

8. Gita APN Surakarta dari APN Surakarta

9. PSM Gas 21 dari UIN Raden Mas Said Surakarta

10. Vocvalora dari Universitas  Surakarta

11. Divina Etnika ISI Surakarta

12. Swara Gempita dari ITB AAS

13. Svara Ecadanta dari Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta 2. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar