FOKUS: #G20

2 Tahun Vakum, SBC Tampil Bareng Delegasi G-20 Dalam Kirab Budaya

KBRN Surakarta: Setelah sempat vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi covid-19, Solo Batik Carnival (SBC) bakal meramaikan kegiatan G-20, Kamis, 7 Juli 2022, sore. Komunitas SBC akan melakukan kirab dalam agenda G-20 dari Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung menuju Balaikota. 

Untuk diketahui, Kota Solo menjadi tuan rumah kegiatan Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) G-20 yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 5-7 Juli 2022. 

Berbeda dengan side event sebelumnya yang digelar di Solo, April 2022 lalu, konsep kegiatan kali ini lebih mengedepankan konsep nusantara. Mulai dari kuliner, seni dan budayanya juga Nusantara. 

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan selain Kirab Kereta Kencana ada pertunjukan SBC. 

"Kirab nanti kolaborasi antara SBC dan G20. Nanti yang dilibatkan banyak, selain kostum SBC akan ada tari-tarian dan reog juga. G20 kali ini lebih lengkap pokoknya," kata Gibran, Selasa (5/7/2022).

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko menambahkan, persiapan agenda tersebut dilakukan secara maksimal. Ratusan perwakilan anggota G-20 akan mengikuti kirab Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) di Solo, Kamis sore bersama dengan gelaran Solo Batik Carnival (SBC). 

Ia mengatakan untuk rute kirab tersebut mulai dari Loji Gandrung sampai ke Balai Kota Surakarta. Selanjutnya, para delegasi akan mengikuti gala dinner di Pendapi Ageng Surakarta. 

"Untuk delegasi luar negeri yang hingga saat ini sudah konfirmasi hadir ada 18 negara. Kalau anggota SBC ada sekitar 150 anggota yang tampil. Untuk delegasi ini naik kereta, ada kereta kencana dan andong yang kami siapkan," katanya. 

Para tamu negara itu akan berkunjung ke sejumlah stan UMKM yang ada di Halaman Balai Kota Surakarta. Bahkan, nanti akan ada praktik pembuatan keris di salah satu stan. Selain itu, nantinya para tamu dari berbagai negara tersebut juga akan disuguhi berbagai macam makanan khas Solo serta buah tropis. 

"Salah satunya bakso, nanti pak menteri (Menteri Investasi Bahlil Lahadalia) dijadwalkan ikut dan akan menikmati bakso di sini," katanya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar