HMP Pandhawa UNS Adakan Pentas Drama Tari Aji Saka Lakon Labuh Prasetya

HMP Pandhawa UNS.

KBRN, Surakarta: Himpunan Mahasiswa Prodi Sastra Daerah (HMP Pandhawa) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan pementasan Drama Tari Aji Saka. Dari rilis yang diterima RRI, kegiatan ini berlangsung di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT). Lakon yang dibawakan yaitu Lakon Labuh Prasetya.

Seluruh pemeran pementasan ini diperankan oleh mahasiswa Prodi Sastra Daerah FIB. Andika Bagaswara selaku pimpinan produksi mengatakan bahwa pementasan ini menceritakan mengenai Aji Saka dalam membebaskan tanah Jawa dari kelakuan tidak manusiawi Prabu Dewata Cengkar.

“Prabu Dewata Cengkar merupakan ratu di Medhang Kamulan yang gemar menelan jiwa dan raga para rakyatnya. Hal ini membuat Aji Saka geram dan ingin membinasakan angkara Dewata Cengkar. Ia bersama pengikutnya, yaitu Dora dan Sembada. Dora ditunjuk mengikuti langkahnya menuju Medhang Kamulan, sedangkan Sembada dititah untuk menjaga pusaka yang hanya boleh direnggut Aji Saka selepas meraih keadilan bagi kawula Nusa Jawi,” jelas Andika, Minggu (4/7/2022).

Andika Bagaswara menambahkan bahwa kedua pengikut Aji Saka gugur, untuk mengenang kesetiaan mereka, Prabu Aji Saka menciptakan aksara berdasarkan kisah pengikutnya. Aksara tersebut yang saat ini dikenal dengan aksara Jawa.

Pementasan yang digelar pada Kamis (30/6/2022) ini telah Andika dan rekan-rekannya siapkan 3 bulan sebelum acara.

“Talent latihannya tiga kali dalam seminggu, tetapi 2 minggu menjelang hari-H diadakan pemadatan latihan  menjadi setiap hari. Semoga dengan adanya pementasan ini bisa menggugah semangat generasi muda untuk terus mencintai budaya Jawa,” tutupnya.  (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar