Mahasiswa DKV ISI Surakarta Angkatan 2019 Gelar Karya Unggulan

Mahasiswa DKV ISI Surakarta Angkatan 2019 Gelar Karya Unggulan.

KBRN, Surakarta: Beragam acara pendukung berupa workshop, creative sharing, dan beragam hiburan, event kreatif yang bertajuk Rekariksa, Graphic Design Exhibition yang mengangkat tema rembrance/reminiscene atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai ingatan atau kenangan. Ingatan atau kenangan ini kemudian dapat menjadi pembelajaran bagi diri seseorang untuk terus berkembang sesuai dengan spirit dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta angkatan 2019 ini. 

Pameran yang dibuka oleh Amir Ghozali, M.Sn selaku Wakil Dekan Bidang II FSRD ISI Surakarta yang juga dihadiri beberapa dosen dan tamu undangan lainnya yang bertempat di Gd. Galeri Kampus 2 ISI Surakarta mulai 24 - 26 Juni 2022, dengan disertai beberapa acara pendukung berupa workshop dan talkshow. 

Dengan jumlah karya sekitar 49 buah yang terdiri karya 2Dimensi, seperti ilustrasi, sebanyak 29 buah, animasi, dan pop up berjumlah 9 karya, selain itu ada 11 (sebelas) karya berupa instalasi, dimana jumlah peserta yang ikutserta berpameran berjumlah 63 mahasiswa baik berkarya secara individu maupun berkolaborasi dengan membentuk beberapa kelompok dalam event pameran yang bertajuk Rekariksa, Graphic Design Exhibition. 

Dimana materi Workshop Creative Watercoloring for Ilustrasion dengan pemateri oleh Achmad Ramadhani, mahasiswa Prodi Seni Murni angkatan 2017, sedangkan untuk talkshow dengan judul materi Melihat Lebih Dekat dari Keseharian Creative Agency sebagai narasumber yakni Ricky Pratama selaku Art Director dari Studio Kala, Yogyakarta. 

Menurut Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn., M.Sn selaku dosen pendamping pameran, menjelaskan bahwa dengan melalui kegiatan pameran ini. "mahasiswa dapat mengetahui sejauhmana kompetensi yang dimiliki dibandingkan karya mahasiswa satu angkatan agar bisa lebih meningkatkan skill maupun konsep dalam berkarya khususnya bidang desain komunikasi visual kedepannya," jelas Ipung, Senin (4/7/2022).

Merujuk pada tema yang diangkat dalam pameran ini, peserta diharapkan dapat membuat karya yang mengandung empat keyword diantaranya humble, timeless, experimental, dan quirky. Karya yang ditampilkan mengandung empat keyword diantaranya humble, timeless, experimental, dan quirky. Humble memiliki arti sesuatu yang dekat atau erat dengan kehidupan sehari hari, tidak hanya itu saja tapi juga secara emosional.

Timeless memiliki arti sesuatu yang berkesan dan tidak mudah untuk dilupakan yang dimaksudkan agar karya-karya yang ditampilkan tidak tergerus oleh tren dan di masa depan tidak dianggap ketinggalan zaman. Experimental yaitu suatu hal yang baru yang ingin dicoba bagi desainer dengan tindakan mencari dan menemukan sesuatu yang berbeda berdasarkan ide atau teknik yang belum pernah dipakai. 

Sedangkan menurut Mahendra Wijaya selaku ketua penyelenggara bahwa tujuan event pameran angkatan ini sebagai media untuk menciptakan shared memory yang akan diingat di masa yang akan datang baik untuk pengunjung maupun desainer, meningkatkan self-branding mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta angkatan 2019 melalui karya yang dipamerkan, dan meningkatkan motivasi, apresiasi, dan kreativitas masyarakat yang berkunjung dalam pameran ini. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar