Flashmob dan Konser Gamelan di CFD, Wujud Trisakti Bung Karno "Berkepribadian Dalam Kebudayaan"

KBRN, Surakarta: Bulan Bung Karno yang biasa diperingati setiap bulan Juni dimeriahkan dengan event-event budaya. Seperti hari ini, Minggu (26/6/2022) ratusan warga turut menari Gatotkaca dan Konser Gamelan di Solo Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi Solo.

Menurut pemrakarsa kegiatan Bulang Bung Karno Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Flash Mob Tari Gatotkaca dan Konser Gamelan ini dilaksanakan untuk menggugah generasi penerus agar cinta terhadap budaya Nusantara. Selain itu Rudy sapaannya mengatakan, sosok Gatotkaca dalam pewayangan ini sangat disukai oleh Bung Karno.

"Kita mengadakan Tari Gatotkaca ini untuk mengingatkan bangsa Indonesia, khususnya warga Solo. Bahwa Bung Karno memberikan sebutan Solo Kota Seni dan Budaya itu berawal dari Badong Gatotkaca," ungkap Rudy saat menghadiri CFD Solo Minggu pagi.

Kemudian dengan konser gamelan ini juga menyuguhkan gending-gending jawa yang konon dahulu menjadi Klangenan sang Proklamator. Ada sejumlah Gending Jawa yang disuguhkan oleh gabungan para pengrawit. Seperti Gending Trisakti, Pancasila, Gugur gunung dan lainya.

"Gending-gending ini memang kesukaan beliau (Bung Karno). Ada Pancasila, Gugur gunung perahu layar," sambung mantan Walikota Solo 2013-2020 itu.

Tak hanya itu Ketua DPC PDIP Solo itu juga mengatakan pertunjukan seni dan budaya itu agar masyarakat mau mencintai budaya yang adiluhung ini. Menurut Rudy jika seni budaya itu tidak ditampilkan terus menerus lama-kelamaan akan terkikis.

“Supaya bangsa kita mau mencintai seni dan budaya bangsanya sendiri. Karena Trisaktinya Bung Karno itu Berkepribadian dalam Kebudayaan, lha ini yang harus kita munculkan terus menerus. Kita gaungkan terus kita bumikan terus sebagai bangsa Indonesia yang raya seni dan budaya Nusantara," jelas dia.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Ganjar Pranowo juga optimis cita-cita Bung Karno dalam Trisaktinya yakni Berdaulat dalam Politik, Berdikari di bidang Ekonomi dan Berkepribadian dalam Kebudayaan dapat terwujud. Hal ini disampaikan Ganjar melihat semangat anak-anak saat menari Gatotkaca di CFD Solo.

“Hari ini banyak seniman Solo yang menari di CFD Solo menggembirakan. Saya diajari nari Gatot Kaca ternyata tidak mudah. Saya optimis Berkepribadian dalam Kebudayaan bisa dilakukan karena antusias seperti ini. Ndak Boleh pesimis yang sudah expert di sini harus mengembangkan terus,” pinta Ganjar Pranowo.

Sementara itu Bulan Bung Karno di Kota Solo diisi dengan sejumlah kegiatan seperti bakti sosial donor darah. Kemudian pada Jumat 24 Juni malam dilaksanakan shalawat, dzikir dan doa untuk sang Proklamator. 

Kemudian dilanjutkan konser Trisakti yang dimeriahkan penyanyi kondang Denny Caknan pada Sabtu 25 Juni malam di Benteng Vastenburg. Puncak peringatan Bulan Bung Karno dilaksanakan flash mob tari Gatotkaca dan konser Gamelan di Solo Car Free Day. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar