Semarak Bulan Bung Karno, Ratusan Warga Menari Gatotkaca di Solo CFD

KBRN, Surakarta: Ratusan warga turut menari Gatotkaca di Solo Car Free Day Jalan Slamet Riyadi Minggu (26/6/2022) pagi. Kegiatan ini berlangsung dalam memeriahkan dan menyemarakkan Bulan Bung Karno 2022. 

Pantauan RRI sejak pagi masyarakat sudah bersiap di jalan Slamet Riyadi segmen timur depan Rumah Tahanan (Rutan) Solo sampai Kantor Cabang Bank Jateng Solo. Ratusan warga dari pelajar, mahasiswa hingga penari senior mengenakan badong (Costum Gatotkaca). 

Sekitar pukul 07.00 mereka mulai menari bersama ratusan penari menari Gatotkaca dalam Tari Gatotkaca Massal dan Konser Gamelan. Setelah hampir 30 menit pengunjung CFD yang sebelumnya hany menonton kemudian ambil bagian ikut menari di belakang para penari.

Turut Hadi Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Juga Gubernur Ganjar Pranowo. Bahkan Ganjar juga turut mengenakan Badong Gatotkaca dan menari mengikuti irama gamelan berbaur bersama penari. 

"Hari ini ternyata banyak seniman seniman Solo, pelajar, mereka menari di area car free day. Ini menggembirakan," ungkap Ganjar yang dijumpai seusai acara.

Ganjar mengapresiasi semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus dalam menari dan mencintai budayanya. Bahkan gubernur Jateng itu mengaku diajari menari Gatotkaca.

"Saya diajari menari, diajari nari Gatotkaca. Ternyata tidak mudah bersama penari penari kecil yang narinya bagus sekali," beber Ganjar.

"Luar biasa itu, dari tadi malam saya ketemu dia, dia nari dolanan, hari ini dia menari Gatotkaca. Entah berapa tari yang mereka kuasai," pungkasnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar