KPU Wonogiri Tetapkan Paslon JOSS Sebagai Pemenang Pilkada 2020

KBRN Wonogiri :  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri menetapan hasil perolehan suara Pilkada 2020.  

Perolehan itu disampaikan dalam rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Wonogiri 2020, Selasa (15/12/2020).

Berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan di 25 kecamatan diketahui pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno atau JOSS unggul dengan perolehan 484.263 suara atau 83,32%. Sedangkan pasangan Hartanto-Joko Purnomo atau HARJO memperoleh 96.964 suara atau 16,68%.

Ketua KPU Wonogiri Toto Sih Setyo mengatakan, rekapitulasi dihadiri oleh jajaran Forkopimda, saksi pasangan kedua paslon, dan Bawaslu Wonogiri.

Proses rekapitulasi berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

“Untuk selanjutnya penetapan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri 2020 akan dilaksanakan paling lambat 5 hari setelah Mahkamah Konstitusi menerbitkan Buku Register Perkara Konstitusi,” ungkap Toto Sih Setyo.

Berdasarkan rekapitulasi Paslon nomer urut 02 Joss unggul di seluruh kecamatan di Wonogiri.

Terkait tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 ini mencapai 71,26% atau masih di bawah target partisipasi nasional yakni sebesar 77,5 %.

“ Untuk tingkat partisipasi masih lebih baik dibandingkan pemilihan sebelumnya. Sebagai pembanding Pilbup 2015 sekitar 66%, Pilgub 2018 sekitar 69 %,” ujar Toto.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbud mengaku kendati rapat pleno sempat terjadi perbedaan pendapat namun secara keseluruhah berjalan lancar.

“ Kami memberikan selamat kepada KPU Wonogiri yang telh sukses mengeklar Pilkada dan tentu saja jajaran pengawas kami dari tingkat desa hingga kecamatan yang telah berjuang demi suksesnya Pilkada 2020,” ujar Ali Mahbud.

Sementara itu menanggapi perolehan perhitungan suara tersebut, petahana Joko Sutopo, menyatakan siap menjalin komunikasi dengan lawannya baik dengan Hartanto dan Joko Purnomo.

“ Ya, kami tetap jalin komunikasi dengan kedua beliau. Sebab bagaimanapun juga keduanya  merupakan sesepuh di Wonogiri,” ungkap Jekek.

Pada bagian lain Bupati yang akrab disapa jekek itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Wonogiri atas partisipasinya dalam Pilkada 2020.

“ Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh warga di Wonogiri. Sebab selama Pilkada berlangsung, masyarakat benar-benar mengedepankan kebersamaan,” pungkasnya. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar