Netralitas ASN, Camat Giritontro Wonogiri Terancam Sanksi Disiplin Sedang

KBRN Wonogiri : Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) memberikan rekomendasi sanksi disiplin sedang kepada Camat Giritontro, Wonogiri, Fredy Sasono.

Sanksi disiplin sedang itu diberikan lantaran, Camat Giritontro diduga melakukan pelanggaran netralitas ASN saat menghadiri acara pembukaan konsolidasi PAC PDIP Giritontro beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbud mengatakan rekomendasi sanksi yang dijatuhkan kepada Fredy Sasono itu didapat dari staff KASN melalui surat resmi dengan beberapa tembusan.

“ Ya, kami sudah mendapatkan pemberitahuan atas sanksi dari KASN. Kami berikan apresiasi kepada KASN yang telah menindaklanjuti rekomendasi atas dugaan pelanggaran netralitas ASN,” ungkap Ali Mahbud kepada RRI, Selasa (15/12/2020).

Pihaknya berharap, Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini Bupati Wonogiri, bisa menindaklanjuti rekomendasi tersebut demi mewujudkan aparat yang disiplin tertib dan berintegritas.

“ Kami berharap agar  kasus tersebut dapat menjadi pelajaran  sehingga mendatang semua ASN harus bersih, bermartabat agar tercipta pemerintah yang bersih dan berwibawa,” tegasnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyatakan bahwa berdasarkan informasi yang diterima, rekomendasi sanksi yang diberikan oleh KASN kepada Camat Giritontro adalah hukuman disiplin sedang.

“ Ya, kami sudah mendengar iformasi tersebut namun belum menerima surat resminya. Pada prinsipnya pemerintah daerah akan kooperatif terhadap rekomendasi yang dikeluarkan oleh KASN,” cetus Jekek panggilan akrabnya.

Pada bagian lain, pihaknya juga memberikan ruang juga kepada pihak terkait untuk melakukan klarifikasi.

“ Nanti kami tetap akan meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan. Dari hasil klarifikasi itu nantinya dapat menjadi dasar hukum untuk menentukan langkah atau kebijakan yang bisa dipertanggungjawabkan,” cetusnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, pada pasal 7 ayat 3 disebutkan jenis hukuman disiplin sedang diantaranya penundaan kenaikan gaji berkala selama 1 (satu) tahun, penundaan kenaikan pangkat selama 1 (satu) tahun dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 (satu) tahun. (Edwi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar