Logistik Pilbub Sragen Mulai Dikirim ke 29 Kecamatan, Gilirejo Disebut Terjauh

Petugas menata kotak suara dan menyiapkan logistik pilkada di Kantor KPU sebelum dikirim ke 20 kecamatan. Dok Mulato

KBRN,Sragen: Logistik pemilihan Bupati-Wakil (Pilbub) Sragen mulai hari ini Jumat (4/12/2020) didistribusikan ke 20 kecamatan. Distribusi surat dan kotak suara ini menggunakan jasa PT Pos.

Logistik ini terdapat dua kategori, kategori di dalam kotak, diluar kotak dan ditambah jenis APD," kata Ketua KPU Sragen, Minarso.

Dia menjelaskan, seluruh logistik terdapat dua kategori, kategori di dalam kotak seperti surat suara, tinta, alat coblos, dan diluar kotak ditambah APD (Alat Pelindung Diri). Setelah dikunci dan disegel logistik langsung dikirim ke kecamatan. "Pendistribusian dimulai pukul 07.30 sudah siap," ujarnya.

Seluruh logistik dikirim menggunakan jasa PT Pos karena demi keamanan logistik dari cuaca hujan. "Karena musim hujan dan logistik harus aman. Baik dari gangguan kemanan cuaca akhirnya menggunakan jasa PT Pos," lanjut Minarso.

Sementara untuk pengamanan atau pengawalan dari KPU ke kantor kecamatan, Minarso mengatakan sudah bukan wewenang KPU Sragen. Minarso menyampaikan pihaknya sudah bersurat kepada Polres dan Bawaslu bahwa pengiriman seluruh logistik Pilkada dimulai.

"Semua sudah ada bagian masing-masing, untuk keamanan logistik menjadi tanggung jawab pihak keamanan," tandas Minarso.

Terkait TPS dengan jangkauan sulit, Minarso mengatakan TPS di Sragen tidak ada dalam jangkauan yang sulit. Hanya saja Desa Gilirejo Baru memang terkesan jauh dari KPU Sragen. "Tapi kalau sudah sampai kecamatan dan desa kan jadi dekat sudah biasa."

Terpisah Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Prasetya mengaku bahwa pihaknya sudah siap melaksanakan pengawasan Pilkada. Saat ini tinggal melewati pemungutan dan penghitungan suara. 

"Pada intinya kami sudah siap melaksanakan tahapan. Kini tinggal pemungutan dan penghitungan suara," kata Budhi Pras.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00